Cara Membuat Website | Halaman Categories

Onphpid – Tutorial selanjutnya dari cara membuat website adalah membuat halaman categories, kali ini tidak memerlukan plugin apapun namun tetap menggunakan CRUD dalam satu file php untuk mengurangi pembuatan file dan disini kita akan coba membuat sebuah fungsi baru untuk mengatur pagination sebagai penanganan list data yang terlalu banyak.

Padat tutorial cara membuat website sebelumnya yaitu cara membuat website bagian halaman posting kita sudah belajar tentang membuat CRUD pada satu halaman yang tentunya melibatkan banyak handling (meskipun masih sederhana).  namun tidak perlu khawatir skrip di tutorial membuat halaman categories ini tidaklah terlalu banyak dan tidak menggunakan CKEDITOR lagi, tujuan mempermudah kita dalam membuat website-nya. Langsung saja step by step cara membuat website bagian halaman categories:

Baca Juga tutotial cara membuat website bagian halaman posting

atau bisa lihat keseluruhan tutorial  ini di tutorial cara membuat webiste sederhana

Copy dan paste kode berikut pada file categories.php pada folder admin:

kode di atas ada keseluruhan kode yang akan menghandle CRUD yang kita perlukan menambah, mengubah serta mengubah category yang kita buat. Pada kode tersebut terdata fungsi pagination() dan pagination_num(), keduanya adalah fungsi php buatan sendiri yang ditujukan untuk membuat pagination, walaupun masih sederhana. Untuk membuat fungsi pagination() dan pagination() tersebut kita akan melalui beberapa tahap sebagai berikut :

buka admin-load.php dan copy paste code berikut dipaling bawah, ingat paling bahwa karena urutan kode itu penting.

Kode di atas kita gunakan untuk menangkap dan menyimpan nilai variable – valiable php dengan nama yang sama, jadi usahakan hindari penggunaan variable yang sama agar tidak ter-reset sehingga nilainya berubah apalagi kita menggunakan variable global. Untuk keterang tentang variable global silahkan kunjungi (http://www.w3schools.com/php/php_superglobals.asp). tapi intinya dalam pembuatan website ini gunakan variable yang unik dan mudah diingat.

Baik selanjutnya adalah pembuatan fungsi pagination() dan pagination_num(), silahkan copy dan paste code php berikut pada file functions.php dibaris paling bawah.

Dan berikut Screen Shoot dari hasil dari pembuatan website pada halaman Categories

Sekian tutorial membuat website bagian halaman categories meskipun sederhana dan belum ada jaminan semua kode ini bebas dari bug atau lupa di-handle, oleh karena itu Kawan-kawan yang menemukan kesalahan bisa bantu onphpid untuk menkoreksi. Dan jangan tetap mengikuti Updatenya ONPHPID atau LIKE FP onphpid untuk mendapatkan info tentang Cara Membuat Website atau Tutorial PHP yang lain.

Cara Membuat Website | Halaman Posting
Cara Membuat Domain pengganti Localhost

  • Arciv

    ada solusi untuk ini mas ?

    • untuk undefined bisa menggunakan
      if (isset($error)) {
      // code
      } else {
      // code
      }

      sama halnya pada bagian kategoripun juga menggunakan isset(), misal if (isset($result->num_rows) && $result->num_rows > 0) {

      } else {

      }

      tapi untuk kasus $result->num_rows yang memunculkan error berarti database belum terkoneksi/ terjadi kesalahan / mysl masih dalam kondisi off