Cara Membuat Domain pengganti Localhost

Onphpid – Sudah bosan dengan mengetik localhost dan ingin menggantinya menjadi sebuah nama domain onphpid.dev, atau website.dev atau domain sesuai keinginan (domain pribadi). Nah kali ini onphpid akan membahas cara membuat domain sendiri di localhost pada XAMPP. Tutorial ini sudah banyak situs atau website / blog pribadi yang membahasnya namun apa salahnya ditulis kembali untuk memperkaya tutorial php kita.

Sebelum lanjut, saat ini onphpid sedang menulis tutorial tentang cara membuat situs atau website sendiri yang bisa di lihat di Cara Membuat Website Sendiri.

Tutorial ini sudah di videokan di Youtube : virtualhost – Domain di Localhost XAMPP

Dan tutorial kali inipun bertujuan untuk memudahkan kita dalam membuat website itu sendiri. Istilah localhost dan XAMPP pasti sudah tidak asing lagi bagi kawan-kawan onphpid apa lagi kawan-kawan yang sudah sering melakukan atau membuat website secara offline di komputer masing-masing. Dengan perangkat komputer software XAMPP dan OS windows kita akan membuat domain kita sendiri caranya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Dan perlu diketahui di sini kita akan membuat domain dengan nama onphpid.dev (domain ini bisa diganti sesuai keinginan).

Pertama dalam membuat domain sendiri pastikan XAMPP sudah terinstall dalam komputer kita dan buka file httpd-vhosts.conf yang terletak di direktori xampp/apache/conf/extra . bukalah file tersebut dengan software editor seperti notepad atau notepad++ kemudian cari code berikut :

Kemudian copy atau ketik ulang kode diatas dengan menghilangkan “#” dan paste / letakkan dibawahnya. Ganti dummy-host2.example.com dengan onphpid.dev.  khusus pada DocumentRoot dummy-host2.example.com dengan belajar. Dan Hasilnya akan menjadi seperti berikut :

Jika sudah. Kita masuk ke langkah nomer kedua dalam membuat domain sendiri sebagai pengganti localhost untuk pengguna xampp di windows.

Kedua buatlah sebuah folder baru di htdocs dengan nama belajar. Kemudian buatlah sebuah file index.php dan isi dengan kode berikut :

Dan langkah dalam membuat domain sendiri lakukan langkah berikutnya :

– copy file hosts yang berada di C:\Windows\System32\drivers\etc ke desktop atau ke tempat lain kemudian buka dengan notepad atau notepad++ dan tambahkan kode berikut :

Jika sudah. Simpan file tersebut dan copy lalu pastekan di C:\Windows\System32\drivers\etc jika ada peringatan klik Copy and Replace .

Dan pada langkah terakhir dalam membuat domain sendiri adalah restart xampp-nya. Kemudian bukalah browser dan ketikan nama domain yang sudah kita buat yaitu onphpid.dev . jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut :

* Jika Ingin membuat domain dengan nama sendiri, gantilah onphpid.dev dari langkah pertama hingga terakhir dengan nama lain sesuai keinginan.

Sekian tutorial cara membuat domain sendiri di XAMPP windows. Semoga tutorial ini mempermudah kita dalam membuat website sendiri secara offline. Dan jangan lupa untuk LIKE FP atau SUBSCRIBE Channel onphpid Tutorial untuk mendapatkan info tutorial terbaru dari ONPHPID.

Cara Membuat Website | Halaman Categories
Belajar Membuat Template Web Menggunakan Bootstrap