Cara Membuat Website | Halaman Posting

Onphpid – Membuat halaman posting untuk web adalah bag. Ke 6 dari tutorial php cara membuat website, agar website yang kita buat memiliki form input posting artikel seperti blogspot atau wordpress. Lagi-lagi kita akan memanfaatkan plugin dari luar, plugin Text Editor atau WYSIWYG editor dengan nama CKEditor.

CKEditor adalah Plugin gratis dengan fitur yang memungkinkan kita menulis artikel di dalam website seperti menulis artikel di dalam ms word sangat simple pokoknya. WYSIWYG atau What You See Is What You Get adalah istilah yang digunakan Text Editor untuk menunjukan apa yang kita tulis di Form input artikel itu sama dengan hasil ketika artikel itu disubmit (publish), jika kalian pernah bermain dengan blogspot atau wordpress pasti sudah tau seperti apa form untuk menulis artikel tersebut.

Baca Juga Tutorial Sebelumnya : cara membuat website | halaman login

Atau Lihat Tutorial Cara Membuat Website Lengkapnya

Dengan bermodalkan CKEditor dan kode-kode PHP plus HTML kita akan membuat halaman posting ini sebagai halaman untuk menulis, menghapus atau merubah artikel di dalam website kita. Pertama silahkan download CKEditor di situs resminya ckeditor.com pilih yang Full Package, kemudian buatlah Folder Baru bernama ‘includes‘ di folder admin dan pindahkan folder ckeditor yang sudah diekstrak kedalam folder includes,  untuk lebih jelas lihat gambar berikut.

jika sudah kita tinggalkan sejenak ckeditor ini dan beralih pada template halaman admin dengan sentuhan bootstrap. karena pada tutorial yang lalu kita sudah membuat form login dengan bootstrap tentunya kita sudah memiliki file bootstrap di folder assets jadi tinggal kita gunakan saja.

Bagi yang baru mengikuti tutorial cara membuat website ada baiknya kawan-kawan mengikuti tutorial sebelumnya dari cara membuat website untuk pemula.

Pertama buka file header.php di direktori admin dan ganti source code php nya dengan source code php berikut :

Kemudian buka file sidebar.php di direktori yang sama dan ganti source code php-nya dengan source code php berikut :

Kemudian buka file footer.php dan ganti juga dengan source code php berikut :

Seletelah tiga file di atas sudah di ubah, kita akan lanjutkan membuat file all-post.php untuk membuat tampilan list seluruh posting yang sudah kita buat dengan file all-post.php ini kita memungkinkan untuk melihat seluruh posting yang sudah kita buat dan di situ kita akan berikan link atau fasilitas edit dan delete berikut code php-nya.

 

Kemudian kita akan beralih pada halaman posting sendiri, mengingat kita akan membuat halaman untuk menulis artikel atau posting pada tutorial cara membuat webiste tahap ke enam. Langsung saja buka file posts.php dan ubah kodenya seperti kode dibawah ini, perlu diketahui kita akan membuat fungsi CRUD pada satu file php, dan karena ini adalah CRUD dalam satu file maka script yang kita buat akan sedikit cukup panjang hehehe. Tapi tenang pada akhir tutorial ini onphpid akan berikan script php halaman posting ini secara lengkap untuk menghindari kesalahan kode.

Berikut script file posts.php :

Kemudian akan kita tambahkan script untuk insert atau simpan posting, tambahkan kode berikut setelah “//KODE CRUD”

 

Kemudian skrip untuk update, copy, dan paste dibawah  kode insert di atas :

Lalu copy skrip delete dan skrip edit , lalu letakkan dibawah kode update

 

Kode – kode diatas sudah dilengkapi sedikit komentar untuk memahami masing-masing kegunaan fungsi agar kita lebih jelas dalam penerapannya.

kode lengkap file posts.php adalah sebagai berikut :

Kemudian yang terakhir adalah CSS halaman Adminnya. Silahkan buat file CSS admin.css di folder assets, dan isikan dengan kode style berikut :

 

kira-kira hasilnya seperti ini.

Demikian tutorial kali ini. Nantikan tutorial cara membuat website untuk pemula berikutnya untuk membuat halaman categories di ONPHPID atau LIKE FB onphpid untuk mendapatkan informasi tutorial terbaru.

Mempercantik Halaman Login dengan Bootstrap
Cara Membuat Website | Halaman Categories