PHP OOP: Abstract dan Interface

Abstract Class dan Interface, jika Kalian tau Polymorphism Abstract dan Interface digunakan untuk itu. Jadi Apa Itu Polymorphism ?, Polymorphism adalah konsep dalam OOP dimana class-class secara fungsional memiliki fungsi yang berbeda tapi mempunyai Interface yang sama.

Kita ambil contoh Smartphone, sistem operasi smartphone ada Android, iOS, dan Windows Phone secara interface Smartphone punya method OS.

Jika dikonversi dalam coding

 

Bisa kita lihat diClass Nokia dan Samsung, sama-sama menggunakan interface Smartphone dan sama-sama menggunakan method os() tapi memiliki output yang berbeda.

Baca Juga : PHP Object Oriented Programming : Class Extends

Cara Membuat Interface

Seperti yang telah dicontohkan di atas, interface sangat mirip dengan class hanya saja dimulai dengan Keyword interface lalu diikuti nama interface misalnya Smartphone.

Interface tidak dapat di instance sebagaimana class pada umum, selain itu interface hanya memiliki method tanpa body, seperti method os() pada interface Smartphone.

Cara Menggunakan Interface pada Class

Tidak seperti class yang di extends, untuk menggunakan interface kita bisa menggunakan keyword implements pada class yang ingin menggunakan interface.

contoh

 

Menggunakan Lebih dari Satu Interface

 

Dan setiap Class wajib mendefinisikan Ulang semua method yang ada di dalam interface.

Selain dengan Interface kita juga bisa menggunakan Abstract Class.

Cara Membuat Abstract Class

Abstract Class hampir sama dengan class pada umumnya hanya saja ada penambahan Keyword Abstract dan tidak bisa di-instance, sehingga class abstract ini harus di extends pada class yang ingin digunakan.

Contoh

Karena hampir mirip class pada umumnya Abstract Class juga memiliki properties dan method dengan body. Dan ada penambahan abstract method, dimana abstract method ini tidak memiliki body dan wajib ditulis ulang pada kelas di extends.

contoh

Nah dengan menggunakan abstract dan atau interface kita bisa menggunakan fitur polymorphism dari OOP, hal yang paling mencolok Dari abstract dan interface adalah, sebuah class tidak bisa meng-extends lebih dari satu abstract. Tapi satu class bisa meng-implements lebih dari satu interface.

Baik, saya rasa cukup untuk abstract dan interface-nya. artikel berikutnya adalah tentang contoh php class. Disana nanti kita akan belajar membuat Class untuk menangani CRUD. Jangan sampai lupa yaa.

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.