Tips Bertanya di Forum atau Group Programming

Saat jalan-jalan ke forum atau group selalu ada saja pertanyaan-pertanyaan yang diabaikan, kadang malah ditanya balik seperti “udah googling belum ?” atau lebih parahnya malah dibully habis-habisan. Walhasil problem-pun tidak terjawab, pusingpun kepala jadinya….  jadi kenapa bisa begitu ?

Baiklah, hal ini disadari atau tidak, penyebabnya adalah cara kita bertanya di forum tersebut.

Misalkan pertanyaan diabaikan atau ditanya balik, biasanya pertanyaan yang dilontarkan masih kabur dan tidak jelas apa yang menjadi masalahnya.

Contohnya :

“Gan tadi saya run projectnya kok g work ya?”

ada yang bisa jawab ? tentu tidak ada apa yang tidak work? apa ada error ? atau seperti apa tampilan saat project tidak work ? akhirnya pertanyaan diatas ditinggal atau ditanya balik

“Gan error Notice: Undefined Variable nama itu kenapa ya ?”

begitu juga dengan pertanyaan di atas ini. ujung-ujungnya “googling aja udah banyak yang bahas itu!”

atau pertanyaan yang bisa menimbulkan pem-bully-an masal..

“Mastah gimana ya caranya hack satelite nasa pakai script PHP”

(khusus yang ini jangan pernah dicoba ditanyakan ya, berbahaya!!)

Lalu apa yang musti dilakukan agar tidak diabaikan ?

Nah untuk itulah ONPHPID menulis Tips Bertanya di Forum, Group Programming, karena Kami sendiri sering mengalami kesulitan saat ada pertanyaan seperti di atas yang masuk ke Email kami, dan selalu berakhir dengan kami abaikan dan/atau kami bertanya balik.

Jadi apa tipsnya ?

  1. Cobalah Mencari di Google
    Kami yakin kalian sudah tau bahwa google saat ini bisa kita gunakan untuk mencari banyak hal, termasuk Error atau permasalah Koding kalian. Hanya saja kalian belum tau apa Keyword yang harus digunakan. Maka tanyalah Keyword apa yang cocok untuk problem kalian.

contoh:
Kalian ingin membuat Template Website menggunakan Framework Bootstrap. maka pakailah keyword berikut
“cara membuat template web dengan bootstrap”,
“membuat template web dengan bootstrap”, dll

Dan jika kalian mengalami masalah dengan Error koding, kalian bisa baca Cara Ampuh Mengatasi Error PHP dengan Google

  1. Deskripsikan dan Sertakan Contoh atau SS
    Kalian bisa mendeskripsikan tentang problem yang kalian alami, ceritakan ketidaktahuan kalian akan suatu, misalkan fitur dari sebuah web atau aplikasi kalian bisa Copas URL Situsnya, ScreenShoot (SS) atau rekam fitur/errornya, lalu tanyakan.

contoh:
“Permisi Mastah mau tanya, fitur atau plugin apa yang dipakai situs https://www.onphpid.com dibagian headernya ya kok bisa gerak-gerak”

  1. Pastikan Kalau kalian sudah mentok
    Pastikan kalian sudah mencoba banyak cara, googling sana-sini tapi tidak juga kunjung selesai. kenapa perlu begitu ? karena dari pertanyaan yang kalian ajukan besar kemungkinan akan menjadi bahan diskusi, jika kalian sudah melakukan banyak cara, maka diskusi akan berjalan lebih mudah untuk menyimpulkan suatu permasalahan.
  1. Gunakan Tools Pendukung
    Jika kalian ingin menyertakan kode, sebaiknya kalian mengenal dan bisa menggunakan tools seperti pastebin, codepen, jsbin, jsfiddle dan github jadi kode kalian bisa tertata rapi dan mudah untuk dibaca. jangan diSS atau dicopas sembarangan kecuali kodenya sedikit, atau ada aturan forum yang menyatakan “tidak boleh ada link keluar”.

Yang perlu diingat adalah sampaikan pertanyaan dengan bahasa yang baik dan sopan,  pertanyaanpun harus Jelas dan Spesifik jangan pertele-tele.

Nah kalau kalian Ingin bertanya kepada Kami, kalian bisa bertanya melalui email onphpid@gmail.com, pastikan kalian menerapkan hal-hal di atas, agar kami tidak kebingungan dalam menjawab, tentunya diabaikan itu menyakitkan 🙁

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.