Belajar laravel : Cara Update Data pada Laravel 5.3 Untuk Pemula

Hallo teman-teman, pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar Cara Insert Data Pada Laravel 5.3Jika teman-teman melewatkannya dapat membacanya terlebih dulu agar tidak ketinggalan. Jika teman-teman baru mengikuti tutorial Laravel di ONPHPID Tutorial, khususnya CRUD pada Laravel 5.3, teman-teman dapat menggunakan project yang bisa di download di sini.

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar Bagaimana Cara Update Data Pada Laravel 5.3. Karena suatu aplikasi yang berhubungan dengan data tidak lepas dari kesalahan ketika insert atau input. Bisa jadi karena salah ketik atau apapun itu. Maka aplikasi yang baik yaitu aplikasi yang dapat menangani kekeliruan dari suatu data dengan cara mengupdatenya.

Ok, kita mulai teman-teman…

Karena pada tutorial Cara menampilkan Semua Data Pada Laravel 5.3 Untuk Pemula kita sudah mebuat Controller dan edit.blade.php, maka kita buka dulu file tersebut. Untuk Controller kita tambahkan dua buah method di bawah ini, tujuannya untuk menampilkan data dan memproses data hasil kiriman dari form.

KendaraanController.php

silakan tambahkan code di atas di bawah method store() ya teman-teman. Penjelasan ada di comment-text ya teman-teman. Setelah itu pada file edit.blade.php masukan code di bawah ini :

edit.blade.php

penjelasan dari code di atas tidak jauh berbeda dengan form insert data, perbedaannya di sini kita mengisi value=”” nya dari tabel kendaraans. Jika sudah mari kita cek untuk update data, jika gagal maka akan di kembalikan ke form dengan alert warna merah, tapi jika berhasil maka akan tampil seperti di bawah ini :

Ok, teman-teman..

kita sudah berhasil mengupdate datanya. Pada tutorial selanjutnya kita akan menghapus atau Delete DataUntuk itu ikuti terus tutorialnya ya. Jika teman-teman ingin mendownload hasilnya di sini.

Baca Juga : Cara Insert Data Pada Laravel 5.3 Untuk Pemula

Sekian dulu tutorial Belajar laravel : Cara Update Data pada Laravel 5.3 Untuk Pemula. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.