Belajar laravel : Cara Insert Data Pada Laravel 5.3 Untuk Pemula

Hallo teman-teman ONPHPID, pada tutorial sebelumnya kita sudah Belajar Laravel : Cara menampilkan Semua Data Pada Laravel 5.3 Untuk PemulaO iya, ONPHPID sarankan untuk membaca Step by step Belajar Laravel 5.3 dari awal, karena tutorial laravel ini berurutan, sehingga jangan sampai kelewatan part demi part-nya agar tidak bingung di akhir. Karena tutorial ini berurutan, maka pembahasan tentang tabel dan model tidak begitu panjang, karena semuanya sudah di bahas di tutorial di awal. Jika teman-teman sudah mengikuti dari awal, ONPHPID yakin insyallah teman-teman pasti paham. Harapannya, teman-teman dapat membuat aplikasi sederhana setelah selesai Belajar Laravel 5.3 di ONPHPID Tutorial dan dapat di kembangkan lagi menggunakan Laravel 5.4 nantinya.

Jika teman-teman baru mengikuti Tutorial di ONPHPID, teman-teman dapat menggunakan project ini. Pada tutorial sebelumnya kita sudah menampilkan semua data kendaraan ke dalam tabel, maka pada kesempatan ini kita akan menambah data kendaraannya. Apa saja yang perlu kita buat?

Pertama, kita akan membuat Form untuk mengirim datanya, kemudian kita akan menambah dua method di KendaraanController.php yaitu untuk menampilkan form dan menerima kiriman data dari Form. Method tersebut adalah create() dan store()dimana create untuk membuat atau menampilkan form dan store untuk menerima dan memproses data yang di kirim dari form untuk disimpan pada tabel kendaraan. Ok, langsung saja kita buka KendaraanController kemudian tambahkan dua method di bawah ini di bawah method index() yang kita buat kemarin.

KendaraanController.php

Kita sudah membuat dua buah method di Controller, penjelasannya ada pada coment text ya teman-teman. Setelah itu mari kita buat form yang akan kita jadikan untuk menambah data kendaraan. Silakan buka file create.blade.php yang berada di folder resources/crud/kendaraan yang sudah kita buat pada tutorial sebelumnyadan masukan code di bawah ini :

create.blade.php

Penjelasan dari script atau code di atas adalah @extends(‘layouts.app’) dapat di artikan kita mengambil layout template yang ada di folder layouts dengan nama app.blade.php tanpa extensinya.

NOTE :

  1. Jika teman-teman pernah menggunakan Codeigniter, @extends identik dengan $this->loadView(‘nama_file_nya’).
  2. Jika di native atau PHP tanpa Framework maka identik dengan require, include, require_once, include_once

Bagaimana? paham kan teman-teman…

Pada bagian @section(‘content’) untuk menginisialisasi bahwa bagian ini yang kita masukan sebagai content yang kemarin kita deklarasi di app.blade.php dengan @yield(‘content’). Perlu di ingat bagian ‘content’ harus sama antara yang di @yield() dan di @section().

Lihat bagian part-alert, Kita cek, jika sessionnya ada maka tampilkan alertnya, jika tidak ada maka tidak ditampilkan alertnya. Pada bagian @foreach hingga @endforeach kita looping semua users sebagai pemilik kendaraan nantinya. strtoupper() untuk mengubah string menjadi huruf KAPITAL semua.

Lalu akhir dari @section(‘content’) adalan @stop teman-teman dapat menggunakan @endsection atau @stop, karena perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Jika sudah mari kita coba menambah data, jika datanya kosong maka akan tampil seperti di bawah ini :

dan jika sukses proses tambah datanya maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Nah, akhirnya kita berhasil menambah data sekaligus memvalidasi bahwa inputan tidak boleh kosong. Teman-teman dapat mengeksplore lagi Bagaimana cara insert data pada Laravel 5.3 dan Validasi inputannya dengan membaca dokumentasi laravel pada bagian validation disini. Pada tutorial selanjutnya kita akan mengubah data yang sudah kita tambahkan pada tutorial ini. Update source code di ada di sini, Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara menampilkan Semua Data Pada Laravel 5.3 Untuk Pemula

Sekian dulu tutorial Belajar laravel : Cara Insert Data Pada Laravel 5.3 Untuk Pemula. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.