Belajar Bootstrap 4 – Untuk Pemula

Hallo teman-teman ONPHPID, kali ini kita akan belajar menggunakan Bootstrap 4 untuk membuat template. O iya, tentu teman-teman sudah sangat mengenal apa itu Bootstrap. Yupp.. bener banget, Bootstrap merupakan salah satu Framework css yang sangat powerfull dan banyak digunakan banyak web saat ini. Selain opensource, Bootstrap juga menyediakan Dokumentasi yang sangat mudah dipahami di sini.

Selain Bootstrap, masih banyak lagi Framework css antara lain Materialize, Skeleton, UI Kit, Foundation dan masih banyak lagi. Semoga pada kesempatan lain kita dapat bersama-sama belajar dari framework-framework tersebut, sehingga ONPHPID dapat berbagi artikelnya disini. O iya teman-teman, Saat ini Bootstrap 4 sudah release walaupun masih versi Alpha, namun untuk dokumentasinya sudah disediakan di sini. Apa saja keuntungan ketika kita menggunakan Bootstrap?

Ok, salah satu keuntungan ketika kita menggunakan Bootstrap adalah waktu kita tidak habis untuk mendesain layout sendiri. Selain itu Bootstrap sudah full responsive untuk semua platform, jadi layout web kita tidak berantakan ketika di akses menggunakan berbagai macam platform. Karena Bootstrap menyediakan sistem grid untuk membuat suatu layout agar responsive di semua platform. Ilustrasinya seperti gambar di bawah ini :

 

Kita hanya perlu mendownload stylesheet dan javascript yang telah disediakan oleh Bootstrap, atau dapat menginclude melalui Bootstrap CDN seperti di bawah ini:

Dengan menggunakan Bootstrap kita juga dapat mengcustom stylesheet sendiri, sehingga jika kita tidak sesuai dengan color atau warna yang sudah disediakan oleh bootstrap kita dapat membuat style sendiri kemudian kita pakai bersamaan dengan Bootstrap. Hal itu yang sering ONPHPID lakukan. Berikut contoh layout yang menggunakan Bootstrap 4.

Jika teman-teman ingin mengikuti step by step membuat template menggunakan Bootstrap 4, teman-teman dapat menonton video dari ONPHPID yang telah menyediakan panduan untuk pemula yang ingin membuat template sendiri.

Playlist Belajar Bootstrap 4 :

Belajar Bootstrap 4 – Untuk Pemula

Ok, teman-teman semoga bermanfaat dan menambah semangat teman-teman untuk menjadi programmer di indonesia.

Baca Juga : Belajar Laravel 5.3 – Untuk Pemula

Sekian dulu pengenalan Belajar Bootstrap 4 – Untuk Pemula. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.