Belajar laravel : Cara menampilkan Semua Data Pada Laravel 5.3 Untuk Pemula

Hallo teman-teman, melanjutkan Tutorial CRUD di Laravel 5.3 pada artikel sebelumnya, maka kali ini kita akan melakukan persiapannya terlebih dahulu. O iya, buat teman-teman yang mendownload project dari github, maka teman-teman perlu menginstal Laravel ke dalam project tersebut dan membuat databasenya agar dapat digunakan. Jika lupa bagaimana melakukan migrate dapat membaca tutorial Belajar Laravel : Mengenal Migrations Pada Laravel 5.3 untuk pemula.

Untuk proses install Laravelnya dapat dengan mengetikan perintah di bawah ini pada project teman-teman :

Pada tutorial sebelumnya, kita sudah membuat beberapa file, kali ini kita akan membuat layout yaitu table, form untuk insert data, dan form untuk edit data. Silakan teman-teman buka projectnya, kemudian buka file web.php dan tambahkan beberapa route seperti di bawah ini :

kemudian buka file KendaraanController.php kita akan membuat method untuk menampilkan data kendaraan ke dalam sebuah table. Maka dari itu buat satu buah method seperti di bawah ini :

Karena pada tutorial sebelumnya kita belum membuat template layouts, maka kita kita ubah saja app.blade.php yang pernah kita buat pada tutorial Sistem Templating pada Laravel 5.3 untuk pemula menjadi sperti di bawah ini untuk kita jadikan layouts utama :

coba teman-teman perhatikan line 79 ya, kita akan menampung contentnya di bagian itu.

Jika sudah mari kita buat layout di view.blade.php yang berada di resources/view/crud/kendaraan, kemudian buat menjadi seperti di bawah ini :

setelah itu kita buka di browser dengan url localhost:8000/kendaraan, jika tidak ada kesalahan maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

 

semua kendaraan dan pemiliknya berhasil kita tampilkan, jika belum paham teman-teman dapat mendownload projectnya di sini untuk di pelajari sendiri. Pada tutorial selanjutnya kita akan melakukan insert data ke dalam tabel kendaraans di artikel Cara Insert Data atau Create Data pada Laravel 5.3, maka dari itu ikuti terus step by step belajar Laravel 5.3 nya.

Baca Juga : Membuat CRUD Menggunakan Laravel 5.3 Untuk Pemula

Sekian dulu tutorial Belajar laravel : Cara menampilkan Semua Data Pada Laravel 5.3 Untuk Pemula. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.