Belajar laravel : Belajar Membuat CRUD Menggunakan Laravel 5.3 Untuk Pemula

Hallo teman-teman…

Alhamdulillah pada tutorial sebelum-sebelumnya kita sudah Belajar Laravel 5.3 dari awal. Dan saat ini ONPHPID akan mengajak teman-teman untuk Belajar Membuat CRUD menggunakan Laravel 5.3. Walaupun Laravel 5.4 sudah resmi release, tidak ada salahnya kita belajar Laravel menggunakan Laravel 5.3. Teman-teman sudah tidak asing bukan dengan kata CRUD? CRUD berasal dari kata Create, Read, Update dan Delete. Nah kita akan belajar tentang Create, Read, Update dan Delete pada Laravel 5.3.

CRUD juga merupakan basic atau dasar dari sebuah Aplikasi yang besar dan kompleks, rasanya tidak ada satupun Aplikasi yang tidak disebut sebagai implementasi dari CRUD. Untuk itu, belajar CRUD sederhana menjadi hal wajib agar kita nantinya dapat mengimplementasikan ke dalam sebuah Aplikasi yang lebih besar dan kompleks. Sebuah database memiliki tabel, dan tabel tersebut yang akan kita isi datanya dengan CREATE, menampilkannya yaitu READ kemudian data tersebut dapat kita ubah atau UPDATE, dan data tersebut juga dapat kita hapus atau DELETE.

Pada tutorial CRUD kali ini, akan kita bagi menjadi beberapa part atau bagian, agar tidak terlalu panjang penjelasannya. Maka akan kita bagi menjadi 4 part yaitu :

  1. Part 1 – Cara menampilkan Semua Data Pada Laravel 5.3
  2. Part 2 – Cara Insert Data pada Laravel 5.3
  3. Part 3 – Cara Update Data pada Laravel 5.3 
  4. Part 4 – Cara Menghapus Data pada Laravel 5.3

O iya teman-teman, pada Tutorial CRUD Laravel 5.3 kali ini kita akan menggunakan Bootstrap Material Design untuk layoutnya. Teman-teman dapat mendownloadnya di sini untuk kita gunakan nantinya. Atau jika teman-teman ingin menggunakan yang lain juga tidak masalah asalkan tahu bagaimana cara menggunakannya. Berikut tampilan Bootstrap Material Design seperti di bawah ini:

Setelah teman-teman mendownloadnya, silakan ektraks kemudian di masukan ke project teman-teman yang kemarin yaitu di dalam direktori atau folder public. Karena akan kita gunakan pada Tutorial Persiapan untuk membuat CRUD menggunakan Laravel 5.3.

Agar tugas kita pada tutorial selanjutnya tidak terlalu banyak, maka kita perlu memulai persiapan awal terlebih dahulu, yaitu Membuat Controller dan View yang akan kita gunakan. Untuk itu mari kita buka project dan command prompt masing-masing, jangan lupa untuk masuk ke direktori project. Masih ingat bukan Bagaimana Cara Membuat Controller pada Laravel 5.3? iya benar dengan mengetikan perintah artisan seperti di bawah ini :

 

kita akan mengisi data kendaraan, maka kita membuat Controller dengan nama KendaraanController. Kemudian kita buat beberapa file di dalam folder view yaitu :

  • create.blade.php
  • edit.blade.php
  • view.blade.php

namun kita perlu memasukannya ke dalam folder baru, agar terlihat rapi project kita, maka kita buat folder crud/kendaraan di dalam view, lalu file view.blade.php, create.blade.php dan edit.blade.php kita masukan di dalam folder crud/kendaraan. Maka struktur foldernya menjadi seperti di bawah ini :

Bagaimana lebih rapi bukan,?

Ok, teman-teman kita sudah melakukan persiapan awal, untuk selanjutnya kita akan membuat layoutnya. Jika teman-teman baru mengikuti tutorial Belajar Laravel 5.3 di ONPHID Tutorial, teman-teman dapat mendownload projectnya di sini agar tidak ketinggalan. Untuk itu ikuti terus ya Belajarnya.

Baca Juga : Apa itu Has Many Through Relationships? Pada Laravel 5.3 untuk pemula

Sekian dulu tutorial Belajar laravel : Belajar Membuat CRUD Menggunakan Laravel 5.3 Untuk Pemula. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.