Semi Toko Online : Menambahkan Metabox pada Custom Post Type

1 min read

Metabox adalah salah satu fitur wordpress yang mengijinkan kita untuk menambahkan data lain selain title, post, taxonomy, thumbnail di dalam menu Posts atau dihalaman untuk membuat artikel. pada tutorial wordpress kali ini kita akan belajar membuat Metaboxes.

Nah seperti apa sebenarnya metabox itu? kalian bisa melihatnya digambar berikut.

metabox

biasanya terletak di bawah Editor (tempat untuk menulis artikel).

Gimana sudah taukan?

Secara umum metabox ini sering ditambahkan di menu Posts untuk artikel seperti yang diterapkan beberapa plugin SEO, atau plugin metabox  yang khusus untuk menambahkan field di dalam menu post.  Tapi kali ini kita akan gunakan metabox ini pada Custom Post Type untuk keperluan Membuat Toko Online super duper sederhana kita.

Memasang Metabox di Custom Post Type

Di post type product, akan kita tambahkan beberapa kolom yaitu :

  • Harga
  • SKU
  • checkbox best seller

Pertama kita akan mulai dengan kode berikut, copy-paste di file metaboxes.php :

kode diatas adalah kode untuk mendaftarkan metabox baru yang akan ditampilkan di post-type product yang perlu kita perhatikan adalah id onphpid_products merupakan id dari post-type ( cek tutorial registrasi post-type ).  kemudian onphpid_render_metabox adalah box/ field / kolom yang akan ditampilkan bawah Editor post-type yang terdiri dari kolom harga, sku dan checkbox.

Dari kode diatas hanya sebatas menampilkan belum sampai pada tahap penyimpanan data metabox, meskipun kita sudah klik tombol publish, kenapa? karena belum ada fungsi untuk simpan.

Nah pada step ini kita akan tambahkan fungsi simpan untuk metabox kita :

letakkan dibaris paling bawah file metaboxes.php.

sampai disini metabox kita sudah selesai. bisa kalian buktikan dengan membuat produk baru isi kolom metabox, publish, kemudian kalian edit, dan pastikan kolom metabox yang sudah kalian isi tadi memiliki isi sesuai seperti yang kalian isi sebelumnya.

oke sampai disini dulu tutorial membuat metabox-nya ya. lho kenapa tidak kita tampilkan langsung? karena halaman depan belum kita buat hehehe.
nantikan tutorial berikutnya untuk membuat halaman depan. sebagai bocor kalian bisa mempelajari :
– Page Template

Namun Di Next Tutorial Membuat Semi Toko Online kita akan Menambahkan Taxonomy untuk menambahkan Tags dan Category Product.

Sekian selamat belajar dan jangan lupa Like FP ONPHPID Tutorial dan Subscriber ONPHPID Youtube Channel  🙂

Membuat Halaman Single untuk Custom Post-Type

Membuat Halaman Single untuk Custom Post Type – Kemarin kita sudah berhasil membuat halaman home atau front page untuk tema semi toko online kita...
Avatar ONPHPID
1 min read

Membuat Page Template di WordPress

Hai Teman-teman ONPHPID kita jumpa lagi nih di tutorial Membuat Semi Toko Online dengan WordPress, saat ini kita sudah tiba di tutorial Membuat Page...
Avatar ONPHPID
2 min read

Registrasi Taxonomy baru pada Custom Post Type WordPress

Seperti yang telah ONPHPID sampaikan pada sesi pengenalan bahwa Taxonomy adalah cara pengelompokan, seperti halnya category ataupun tags pada menu Posts, gampangnya category dan...
Avatar ONPHPID
1 min read