Registrasi Taxonomy baru pada Custom Post Type WordPress

Seperti yang telah ONPHPID sampaikan pada sesi pengenalan bahwa Taxonomy adalah cara pengelompokan, seperti halnya category ataupun tags pada menu Posts, gampangnya category dan tags adalah bagian dari taxonomy, Pada tutorial ini kita akan membuat taxonomy baru khusus untuk pengelompokan produk-produk yang nantinya akan kita pajang di halaman semi toko online kita dan tentunya taxonomy tersebut akan terpisah dari category dan tags milik Posts (artikel).

 

Terpisah bagaimana maksudnya ?  mungkin mudahnya begini.. ketika kita menulis artikel dan membuat dengan nama kategori yang sama tapi mereka tidak akan berada dalam satu kelompok karena keduanya berada di type-post yang berbeda.

Lalu kenapa Kita membuat Taxonomy ?

Tentunya sesuai dengan penjelasan diatas bahwa kita akan mengelompokkan produk-produk kita sesuai jenis dan variannya agar pengunjung tidak kesulitan dalam mencari produk yang mereka cari, namun sayang ketika kita membuat custom post type Products di tutorial membuat custom post type yang lalu tidak terdapat menu category dan tags karena memang tidak tersedia secara default (lihat gambar dibawah) sehingga kita perlu menambahkannya sendiri. Nah kita akan membahas itu di tutorial ini.

 

Membuat Taxonomy Pada WordPress

Untuk membuat atau menambahkan taxonomy kita cukup melakukan registrasi dengan kode kode dibawah, oiya disini kita akan membuat dua buah taxonomy :

  1. Product Category
  2. Product Tags

Berikut kodenya :

Masukkan kode diatas pada file taxonomy.php yang ada di folder products/ yang sudah kita buat.

Setelah berhasil, kurang lebih hasilnya dari registrasi taxonomy pada theme wordpress kita akan tampak seperti gambar berikut :

Bagaimana sudah nampak Product Category dan Product Tags nya bukan…

Perhatikan untuk Taxonomy atau Post Type Not Found: biasanya untuk setup Custom Post Type, Taxonomy memerlukan setting permalinks dengan mode Post Name, jika sudah mode Post Name tapi masih not found maka pilihlah mode yang lain kemudian Save, lalu pilih kembali ke mode Post Name dan Save.

Nah sampai disini tutorial membuat taxonomy pada semi toko online wordpress kita. berikutnya kita akan menambahkan keterangan seperti harga dan kode barang pada produk kita jadi nantikan tutorial berikutnya dan FP ONPHPID Tutorial dan Subscriber ONPHPID Youtube Channel untuk info berikutnya.

Next Tutorial : Membuat Page Template di WordPress

Cara Migrasi | Pindah WordPress dari Localhost ke Hosting Online
Membuat Page Template di WordPress