Belajar Menjadi Developer WordPress

Belajar WordPress – Sebagai seorang pengguna website yang dibuat berdasarkan CMS WordPress, terkadang kita harus stag dengan theme (template) wordpress yang tidak dapat memenuhi kebutuhan kita. Maklum saja, meski kita mempunyai konsep website yang sama tapi selalu ada saja titik-titik yang perlu kita tonjolkan sehingga mau tidak mau theme wordpress kita beda. Sayangnya theme-theme yang disediakan oleh wordpress di-repository-nya pun sering tidak juga mencukupi. Pun juga saat kita dihadapkan pada posisi kita harus sewa programmer wordpress atau beli theme dari Marketplace, kita terbentur dengan masalah keuangan. Belajar wordpress lah solusinya, sebab perjuangan tidak boleh berhenti kawan hehehe.

APA ITU WORDPRESS

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) Opensource yang dibangun untuk memudahkan kita dalam membuat website. Apapun websitenya.  PERLU diketahui karena banyak yang salah paham tentang wordpress, jadi sekali lagi PERLU diketahui bahwa wordpress ada 2 (dua):

  • wordpress.com
  • wordpress.org

apa bedanya ? tentu berbeda, wordpress.com adalah sebuah CMS semacam blogger.com yang secara 100% dikontrol dan dijaga oleh pihak wordpress, bahkan kita harus membayar untuk akses dan install plugin. sehingga jaminan keamanan dan performa webiste kita benar-benar dijamin oleh wordpress.

sedangkan wordpress.org, adalah sisi opensource yang dimiliki wordpress,  berbeda dengan wordpress.com. Di sana kita diijinkan untuk mengunduh dan mempelajari source code CMS wordpress secara cuma-cuma alias gratis. Karena semuanya gratis maka untuk keperluan domain dan hosting kita harus mengusahakannya sendiri. begitupula soal performa dan keamanannya.

Jadi kesimpulanya. Jika yang kalian gunakan adalah wordpress.com, ONPHPID sarankan untuk segeralah pindah ke wordpress.org.

 

KENAPA JADI DEVELOPER WORDPRESS

Sebelum kalian memulai belajar wordpress pasti ada pertanyaan-pertanyaan seperti Kenapa jadi developer wordpress? apa manfaatnya? apa ada profitnya ? dan sebagainya.

(1) Sebagian alasan sudah ONPHPID sampaikan di atas, yaitu untuk membuat theme wordpress sesuai yang kita inginkan. (2) Jika kita bijak, apapun yang kita lakukan selama itu positif pasti ada manfaatnya. Seperti seorang anak laki-laki belajar memasak,  Meskipun setiap hari ada ibu atau pembantu yang mengurusi urusan dapur. Apa bermanfaat? ya bermanfaat ketika ibu atau pembantunya tak ada dirumah. si Anak minimal bisa goreng telur dan masak nasi. (3) sekitar seminggu sebelum tulisan ini rilis, ONPHPID cukup kelabakan mencari 10 orang developer wordpress untuk handle project website berbasis wordpress dari beberapa client dan tentunya mereka dapat digaji.

Meski wordpress gratis, wordpress saat ini menjadi platform terpopuler di dunia karena banyak penggunanya silahkan cek di sini.

(4) Meskipun begitu ada saja orang yang memang hobi share secara cuma-cuma tanpa menuntut bayaran. just hoby dan ingin bermanfaat bagi yang lain.

 

Keuntungan Menjadi Developer WordPress

  1. Dapat membuat atau memodif website wordpress kita sesuai keinginan
  2. Buka jasa website berbasis wordpress
  3. Bisa membuat theme atau plugin WordPress dan menjualnya di Marketplace seperti halnya themeforest.net

Saat ini hampir setiap website yang ONPHPID temui selalu berbasis wordpress (termasuk ONPHPID) sehingga peluang mendapatkan Jobs tentang WordPress pun semakin lebar.

 

SKILL DASAR SEBELUM BELAJAR WORDPRESS

Saat kalian memulai belajar menjadi developer wordpress, ada skill dasara yang harus kalian kuasai agar kalian lebih mudah belajar wordpress. Skill Dasar yang harus kalian kuasai adalah :

  1. HTML, CSS, dan JS
  2. PHP dan MySQL

Baik jika kalian belum menguasainya ONPHPID rekomendasikan untuk belajar HTML,CSS, JS, PHP dan MySQL Dasar di www.w3schools.com di sana kalian akan diajar secara teori dan praktek sehingga akan mudah dipahami. Setelah itu baru lanjut belajar wordpress-nya.

 

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecepatan Dan Performa WordPress

Belajar WordPress Dari Codex

Tak hanya source code wordpress.org juga menyediakan situs resmi yang berisi informasi-informasi bagaimana memperlakukan source code wordpress yang sudah kita unduh dari situ wordpress.org. Ada 3 situs yang sengaja disiapkan oleh wordpress untuk kalian yang ingin mempelajari source code dan ingin menjadi developer wordpress.

  1. codex.wordpress.org
  2. developer.wordpress.org
  3. wordpress.org/support/

codex dan developer adalah situ yang berisi code-code, fungsi-fungsi yang bisa digunakan di wordpress sekaligus petunjuk atau panduan menggunakan wordpress. Keduanya sama yang membedakan adalah tampilan dan mengurutkan kontennya saja. Jadi kalian bisa pilih yang mana saja.

Saran ONPHPID kalian bisa memulainya dari Theme Handbook yang bisa diakses https://developer.wordpress.org/themes/ di sana kalian akan diajari step-by-step membuat theme wordpress dasar.

dan yang terakhir adalah Support, Support merupakan halaman yang ditujukan sebagai forum yang mana kita bisa bertanya dan mendapat jawaban atau feedback dari pengguna forum lainnya.

tentunya semua disajikan dalam bahasa Inggris..

Software Untuk Membuat Website WordPress

Tentunya Dalam belajar wordpress kita akan tidak hanya belajar teori atau definisi saja, kita juga harus praktek. siapkan software-software berikut sebagai salah satu persiapan belajar wordpress.

  • XAMPP
  • Browser
  • Text Editor
  • wordpress cms

XAMPP adalah software untuk membuat server lokal, kalian pasti sudah tau sebab software jenis ini pasti digunakan saat belajar php. selain XAMPP ada AMPPS, WAMP, LAMP dan LEMP ada juga yang set up sendiri, biasanya untuk pengguna Linux.

Browser adalah software untuk mengakses website melalui URL.

Text Editor adalah software untuk mengetikan code-code, jika kalian sudah belajar HTML, hingga PHP pasti sudah menggunakannya, kalian bisa pake Notepad++, Atom, Brackets, visual code atau terserah kalian nyaman menggunakan apa.

kemudian adalah cms wordpress itu sendiri yang kalian unduh di wordpress.org.

 

Install WordPress Secara Offline

Selanjutnya silahkan install WordPress di server lokal, untuk cara install wordpress bisa kalian tonton video berdurai 6 menit berikut :

Baik, sampai di sini intro Belajar menjadi Developer WordPress.  setelah kalian sukses meng-install wordpress di server lokal,  kalian bisa memulai membaca Theme Book dari WordPressatau mencoba tutorial Membuat Theme WordPress dari ONPHPID.

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.