PHP Class Constructor dan Destructor

PHP Constructor dan Destructor, pada materi yang lalu kita sudah membah tentang pengertian oop pada PHP, sekaligus cara membuat class dengan PHP. Dan sekarang kita akan bahas Constructor dan Destructor pada PHP Class.

Constructor dan Destructor adalah sebuah method ajaib yang berjalan secara otomatis, dimana Construct berjalan ketika Class di instance dan Destruct berjalan ketika Class selesai digunakan.

Wait, di instance itu diapakan ?

Hemm. Di instance itu seperti ini

PHP Constructor

Dan ketika kalian menge – new sebuah Class PHP maka method __construct akan diaktifkan. Biasanya constructor digunakan untuk memberikan parameter pada sebuah class, memanggil atau mengeksekusi suatu perintah ketika class di instance.

PHP OOP : Mengeksekusi Method pada Constructor

kurang afdol rasanya jika hanya menggunakan echo saja, jadi saya coba kasih contoh lain penggunaan __construct.

PHP OOP: Memberikan Parameter Pada Class

Mungkin kalian sudah pernah menemukan sebuah class yang membutuhkan atau bisa diisi parameter agar class dapat digunakan sesuai yang dibutuhkan.

Contoh :

Nah disini kita akan coba membuat class dengan parameter seperti di atas. Tadi kita sudah belajar sedikit tentang method __construct() dan penambahan parameter pada suatu class harus melibatkan constructor, tanpa itu kita tidak akan bisa menambahkan parameter.

Hal perlu kita pahami adalah __construct() merupakan method dengan tipe pengembalian void alias tidak ada keywod return; didalam method __construct(). Sehingga __construct diperuntukan untuk memanipulasi method ataupun property.

contoh

output:
my name is ONPHPID 23 Tahun.

Lalu Bagaimana dengan Destructor ?

PHP OOP : Destructor
method __destruct() adalah method yang aktif ketika class dianggap telah selesai digunakan.

contoh

output :
class berjalan
class selesai digunakan.

Contoh lain

output
class berjalan
ONPHPID
class selesai digunakan.

 

Berbeda dengan __construct() yang bisa memiliki parameter, Method __destruct() tidak memiliki dan tidak bisa diberikan parameter, __destruct() biasanya digunakan untuk menghapus atau mengeksekusi suatu perintah sebelum class objek itu selesai. Berikutnya kita akan belajar mengenai PHP Class visibility dan PHP Class variable.

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.