PHP Class Visibility dan PHP Class Variable (Properties)

PHP Class Visibility, sadar atau tidak sejak kita membahas soal PHP OOP kita sudah menggunakan salah satu dari 3 keyword visibility yang ada dalam PHP OOP. Apa itu ? yap.. public, public adalah salah satu dari 3 macam visibility yang dimiliki PHP OOP dan yang paling tinggi levelnya.

PHP OOP Visibility dan Kegunaannya
Jika kita urutkan berdasarkan level, dari yang paling tinggi hingga paling rendah adalah :
public : dapat diakses siapa saja
protected : dapat diakses selama didalam Class baik Class itu sendiri maupun Class turunan
private : Dapat diakses oleh Class itu sendiri.

Dengan tingkatan seperti diatas secara tidak langsung memberikan hak akses kepada object maupun class untuk mengakses suatu property maupun method.

contoh

 

output
ONPHPID
error

Error diatas maksudnya adalah method the_age() tidak boleh diakses langsung oleh object $belajar, karena yang bisa diakses object hanyalah method atau property dengan visibility public saja.

Lalu bagaimana agar nilai the_age() bisa kita dapatkan tanpa mengganti visibility ?

Cara adalah dengan membuat method baru yang mereferensikan method the_age() dengan visibility public.

contoh

 

Oke itu visibility public dan protected, lalu bagaimana dengan private?

Jika kita hanya menggunakan satu class saja, kegunaan private tidak akan jauh berbeda dengan protected karena sama-sama tidak bisa diakses object, tapi ketika kita sudah menggunakan fitur inheritance dari OOP yaitu ada parent class dan child class maka kegunaan private dapat terlihat dengan jelas. Dimana child class tidak bisa mengakses method atau property dengan visibility private dari class parent-nya.

PHP Class: Variable ( Properties )

Baik, dari kemarin kita sudah ngomongin method property method property, untuk method saya kira sudah taunya.. trus property itu apa ?

Apa itu property ?

Mungkin kalian pernah melihat di dalam sebuah PHP Class terdapat variable-variable. Ketika variable-variable itu masuk kedalam Class namanya bukan variable lagi, tapi berubah jadi property.

Property ada variable regular dan ada variable const atau konstanta, variable regular selalu diawali dengan keywords visibility (public, protected ataupun private ) kemudian dollar $, kemudian nama variable.

contoh

 

Kemudian variable const, hampir sama dengan variable pada umumnya. Hanya saja terdapat keywords const sebelum nama variable dan nama variable tidak diawali dengan $ dollar. Secara default variable const memiliki visibility public dan harus bernilai.

Satu lagi nilai dari variable const tidak bisa diubah-ubah, karena nilainya konstan alias tetap.

contoh

Cara Mengakses Variable Pada PHP Class

Untuk mengakses variabel milik suatu PHP Class tidak sama mengakses variable pada umumnya perlu menggunakan $this untuk menyatakan bahwa variable tersebut milik dari class tersebut dan diikuti nama variable tanpa $ dolar,

Sedangkan untuk const menggunakan self.

contoh

 

output
ONPHPID
1.0

 

Mengubah nilai variabel ketika class digunakan.

Terkadang kita ingin mengubah nilai suatu variable saat class digunakan, apakah itu mungkin ? Ya sangat mungkin. Setidaknya ada dua cara, dengan __construct() atau dengan method lainnya.

contoh

 

output
Amman

Contoh ke 2

 

Output
Maemunah.

Kok varibale const nya tidak?

Ya seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa variable const nilainya tidak bisa diubah. Karena nilainya tetap.

Baik, sampai di sini dulu pembahasan PHP class visibility dan variable nya. Bisa kalian lanjut ke pembahasan berikutnya tentang PHP Class Extends.

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.