Mengenal Tentang Web Hosting dan Nama Domain

Hallo Teman – Teman Pembaca Setia ONPHPID, pada kesempataan kali ini kita akan Mengenal Tentang Web Hosting dan Nama Domain. Jadi intinya dari post ini adalah teman – teman yang belum banyak mengetahui perihal Web Hosting itu apa sih, tata cara hosting website dan penjelasan nama domain secara singkat dan padat yang mungkin teman – teman belum tau.

Web Hosting dan Nama Domain adalah salah satu hal yang teman – teman ONPHPID harus pahami, karena ketika teman – teman sedang belajar membuat website Web Hosting dan Nama Domain ini merupakan pilar yang fungsinya menghubungkan informasi yang ada pada website ke teman – teman hingga sampai pada klien yang mengakses.

Baiklah kita akan memulai Pembahasan Pertama yaitu,

Apa Itu Hosting ?

Jika teman – teman sering mengkases sebuah website, hal yang tidak pernah sadari adalah file – file website tersebut terletak pada sebuah layanan yang di namakan Web Hosting. Web Hosting inilah yang menampung / menyimpan file website tersebut di Internet selama 24 Jam setiap harinya. Jika kamu seorang pemula, pasti kami pernah menggunakan xampp, kurang lebih Web Hosting ini fungsinya sama dan bahkan lebih lengkap dari xampp yang teman – teman install di komputer / laptop.

Nah, jika teman – teman sekalian sudah pernah menggunakan xampp. Kurang lebih fungsi Web Hosting itu ialah sama, ia ada Apache sebagai Web Server dan MySQL Database sebagai media penampung basis data teman – teman. Namun hal yang tidak bisa dilakukan xampp pada komputer anda salah satunya ialah :

  • Teman anda tidak bisa mengakses dari komputernya secara langsung
  • Seluruh orang di penjuru dunia tidak akan bisa mengkasesnya

Hal tersebut tidak berlaku di Web Hosting, jika anda menggunakan Web Hosting file yang tersimpan di dalam sebuah akun hosting tersebut dapat diakses orang di penjuru seluruh dunia.

Jadi intinya sebuah Web Hosting adalah media untuk anda menyimpan files website anda yang berekstensi (PHP/HTML dan lainnya), tujuan penyimpanan files tersebut pada sebuah Web Hosting bertujuan agar informasi yang anda upload pada web hosting dapat tersampaikan ke seluruh orang yang ingin mengaksesnya.

Lalu, jika files tersebut sudah terupload pada sebuah Web Hosting bagaimana jika orang ingin mengakses files tersebut Nah, di sinilah teman – teman perlu juga mengetahui tentang Nama Domain / Domain Name.

Apa Itu Domain ?

Kembali ke pertanyaan di atas, jika file telah terupload di Web Hosting bagaimana cara kita mengkasesnya ? Teman – teman pasti sering mengetikan google.com melalui Internet Browser di komputer / laptop, sebenarnya secara tak langsung teman – teman pengunjung setia ONPHPID telah mengetikan sebuah nama domain google yang berekstensikan .com.

Nama Domain sendiri secara simple dan sederhananya ialah sebuah alamat, jika diibaratkan di kehidupan nyata nama domain merupakan alamat rumah yang nantinya dapat dikenali agar orang dapat mengunjungi rumah teman – teman. Begitulah kurang lebih perumpaan tentang nama Domain.

Demi memudahkan orang untuk mengakses sebuah website yang umumnya itu menggunakan sebuah alamat IP Adress yang jlas susah sekali jika kita dipaksa harus mengingat, maka muncullah nama domain.

Nama Domain sendiri banyak ekstensi, ekstensi ini bermakna lebih ke jenis. Nah jika teman – teman sekalian tau .com itu adalah singkatan dari commercial. Dan berikut ekstensi nama domain yang sering digunakan orang.

  • .com
  • .net
  • .org
  • .co.id

Sebenarnya masih banyak ekstensi nama domain yang terdapat di Internet dan dapat digunakan sebagai media untuk mengkases website agar lebih mudah diingat.

Sekarang saya sebagai penulis menganggap teman – teman sudah mengerti tentang Apa itu Web Hosting dan Nama Domain, dari pengertiannya juga fungsinya. Sekarang bagaimana jika teman – teman ingin memiliki / mempunyai sebuah Web Hosting juga Nama Domain ? Jawabannya ialah teman – teman harus membeli dan melakukan registrasi nama domain di sebuah layanan / Provider Web Hosting.

Rekomendasi Tempat Beli Hosting dan Domain

Jika teman – teman pertama kali, atau sedang bingung dalam mencari penyedia Layanan Web Hosting dan Nama Domain. Maka kami merekomendasikan teman – teman pembaca ONPHPID menggunakan layanan Hostingan ID. Selain harganya yang terjangkau dan supportnya yang handal. Hostingan ID memiliki fitur – fitur yang sangat memudahkan anda yang pertama kali menggunakan Web Hosting memesan Nama Domain.

Dan berikut adalah link yang bisa teman – teman akses :

Dan sekian, semoga teman – teman mengerti tentang penjelasan mengenai Mengenal Tentang Web Hosting dan Nama Domain semoga berguna dan bermanfaat.

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.