Cara Ampuh Mengatasi Error PHP dengan Google

Sesuai dengan judul di atas, pada tutorial php kali ini kita akan belajar memanfaatkan search engine Google untuk menyelesaikan error yang muncul pada kodingan PHP kita (mungkin bisa dipakai untuk yang lain). Tidak bisa dipungkiri bahwa Google memang sakti dan layak mendapat gelar “mbah dukun” karena pengetahuannya yang banyak, tak hanya bahasa Indonesia, tapi juga-juga bahasa asing di luar sana.

Kalianpun akan berkata  “ya.. anak SD saja sekarang sudah pada tau.. trus gimana cara Fix Error koding gue?”.

Hahaha, oke kita akan tu de poin aja, basicly kita hanya perlu copas (Copy & Paste) pesan Error yang muncul dan mencarinya di google. Bingung ? oke lanjut ke contoh :

Bisa kalian copy seluruh pesan errornya, atau hanya bagian tertentu saja. Misalnya pada bagian “Notice: Undefined variable” saja. Lalu search di google, kira-kira akan muncul seperti ini.

jeng jeng jeng Selamat kalian sudah bisa menampilkan banyak result atau hasil dari situs yang menjelaskan maksud dan cara mengatasi error kalian, lalu kalian tinggal pilih situs mana yang kalian sukai dan masalahpun teratasi.

Oke gampangkan ?

X: “Hasilnya kebanyakan Gan? Bisa dikurangin nggak biar lebih gampang gitu nyarinya ?”

Bisa… bisa banget…

X : “Caranya ?”

Cukup pakai kata-kata ajaib seperti “FIXED” atau “SOLVED” lalu tambahkan di awal atau diakhir pesan errornya (biasanya sih yang lebih ampuh itu di awal). Contoh :

Fixed Notice: Undefined variable

Atau kalo mau lebih spesifik lagi, misalkan kalian ingin resultnya hanya ada di dalam situs tertentu saja, maka kalian bisa tambahkan akhiran site:"namasitus.com", contoh:

Notice: Undefined variable site:"stackoverflow.com"

Lalu Enter, So Easy.. that right ?

Memang tidak serta merta menjawab keinginan kalian tapi setidaknya dengan bantuan “mbah google” error yang kadang kebawa mimpi lalu menjadi mimpi buruk disetiap malam dikala tak kunjung terpecahkan, kini menjadi bisa SOLVED, hahaha.

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.