Membuat Pageview di Artikel WordPress

Hai Readers jumpa lagi nih sama onphpid. Setelah kemarin kita membuat theme wordpress dari bootstrap kali ini kita akan belajar mengkostumisasinya dengan menambahkan fitur post/page view counter wordpress atau menghitung berapa kali suatu posting telah di lihat atau dibaca (post views) oleh pengunjung website wordpress kita. Meskipun sudah banyak plugin yang memberikan fitur post / pageview counter wordpress tidak ada salahnya kita membuat kode pageview ini itung-itung kita belajar develop wordpress. Ingat membuat wordpress itu tidaklah mudah.


Pada tutorial membuat pageview atau post view counter ini kita akan menggunakan theme buatan kita kemarin pada tutorial membuat theme wordpress dengan bootstrap biar kita merasa kalau kita sedang membuat theme website kita sendiri. Nah di sini kita akan mulai membuat pageview atau post view counter dengan membuka beberapa file dari theme wordpress yang sudah kita buat :

functions.php

Pada file functions.php theme wordpress kita tambah dengan kode berikut ini :

Kode di atas adalah kode yang bertujuan untuk membuat field meta -data pada database wordpress tepatnya di table postmeta nah di situ kita akan menambahkan sebuah key bernama “post_count_view” dengan value awal “0”.

index.php

Kemudian kita buka file index.php untuk menambahkan fungsi post atau pageview pada halaman awal. Pertama cari kode:

Kemudian ganti dengan kode berikut :

Kode di atas onphpid tambahkan juga hitungan comments.

Baca Juga Cara Membuat Website

single.php

Kemudian kita buka single.php dan kita cari kode berikut :

Dan ganti dengan kode berikut :

Pada kode di atas ada tambahan fungsi get_the_ID(), ini bertujuan agar setiap kali pengunjung membuka single page secara otomatis hitungan akan bertambah 1 hitungan.

Nah jangan lupa setelah menambahkan script pageview hendaklah di simpan agar theme wordpress yang kita buat terupdate.

Demikian tutorial singkat dari onphpid tentang cara membuat atau menambahkan pageview pada theme wordpress. Jangan lupa untuk LIKE FP ONPHPID untuk mendaftakan tutorial PHP atau tutorial membuat theme wordpress lainnya.

Cara Membuat Theme WordPress dengan Bootstrap
Cara Membuat Website dengan WordPress

  • wah boelh dicoba nih caranya