Cara Membuat Menu di WordPress

Cara membuat menu di wordpress sangatlah mudah bahkan tanpa harus memasang plugin apapun, namun pasti ada diantara kalian yang mungkin belum tau cara membuat menu di wordpress, entah karena theme wordpress yang memang belum ada fitur untuk membuat menu atau kalian memang pendatang baru dalam dunia wordpress. Tidak perlu khawatir pada tutorial wordpress kali ini kita akan belajar membuat menu di wordpress baik theme yang ada fitur menu atau memang belum ada. Kenapa Menu? Karena menu adalah salah satu fitur yang palling penting untuk sebuah website yang berfungsi memudahkan pengunjung dalam mencari informasi di website kita. Untuk membuat menu di wordpress terdapat beberapa tahap yang akan kita lewati.

Membuat Menu Pada Theme WordPress tanpa fitur “Menus”

Mungkin theme wordpress jenis ini jarang ditemukan karena hapir semua theme wordpress telah support dengan fitur menu, tapi tidak ada salahnnya kita sedikit belajar mengoprek kode wordpress untuk membuat fitur menus. Dan yang perlu diperhatikan cara ini hanya berlaku untuk CMS WordPress dari wordpress.org dan TIDAK BERLAKU untuk wordpress.com.

Register nav menu WordPress

Yang akan kita tambahkan ke file functions.php di Appearance > Editor > cari file functions.php.

Kemudian pada kode berikut pada bagian template yang ingin kalian munculkan menu, biasanya di header.php di baris paling bawah.

Nah dengan begitu theme yang sebelumnya tidak ada fitur menus kini sudah ada fitu untuk membuat menu.

baca juga cara membuat theme wordpress

Membuat Menu di WordPress dengan Theme Twenty Thirteen

Agar lebih mudah kita akan belajar membuat menu di wordpress ini pada theme yang sudah terdapat fitur “Menus” di dalamnya. Bagaimana cara menge-checknya pertama silahkan login ke website wordpress kalian dan buka Appearance jika di situ terdapat menu “Menus” maka kita bisa membuat menu di theme wordpress tersebut. Nah Agar lebih mudah lagi kita akan menggunakan saja theme Twenty Thirteen bawaan wordpress, dimana Theme Twenty Thirteen ini sudah terdapat fitur Menus jadi kita tidak perlu repot-repot melakukan registrer menu pada theme wordpress kita. Klik create a new menu kemudian pada Menu Name isikan nama menu kalian dengan “belajar” lalu klik Create Menu.

di wordpress kita bisa membuat menu dengan menggunakan Pages yang dibuat dari Menu Page, Categories yang dibuat di Menu Posts, Custom Links yang bisa kita buat sediri, Post Format yang dibuat dengan kode regitratsi post format dan Post Type yang bisa kita pasang dengan memasang script register post type di dalam theme wordpress.

Baca Juga cara membuat website dengan wordress.

Kita akan belajar membuat menu di wordpress dari page, pada kolom pages ( sebelah kiri ) dari situ kita akan membuat menu bernama blog dengan mencentang (check list)-nya kemudian kita klik tombol “add to menu” seperti gambar berikut :

Kemudian pada Menu Setting (kolom sebelah kanan bawah ) pada “Theme Locations” kita centang Navigation Menu dan terakhir “Save Menu”. Theme Locations ini akan bernama sesuai dengan yang di daftar pada contoh diatas akan bernama “Primary Menu”. Jika kita ingin menambahkan sendiri bisa menggunakan register nav menu wordpress seperti contoh diatas. Lalu kalian bisa melihat hasilnya dengan membuka alamat website kalian.

Selanjutnya kita akan membuat menu di wordpress dengan kategori dari kolom categories, untuk menggunakan menu ini kalian perlu miliki list kategori setidak-tidaknya satu nama kategori untuk dijadikan menu. Cara membuat menu dengan kategori pada wordpress ini kurang lebih sama dengan membuat menu dengan Pages cukup centang-centang dan klik “add to menu” dan jika sudah tinggal klik “Save Menu” seperti gambar berikut :

Cara di atas juga belaku untuk membuat menu di wordpress dari Posts. Dan terakhir kita akan membuat menu di wordpress dari Custom Links, dimana kita bisa menambahkan link secara bebas untuk kita jadikan menu pada websitenya bagaimana cara membuatnya.

Pertama kita klik kolom Custom Links yang akan tampak seperti berikut:

Pada URL kita bisa masukan alamat situs contoh : https://www.onphpid.com/ dan pada Link Text kita tuliskan Onphp ID lalu klik Add To Menu. Kurang lebih seperti gambar berikut :

Gimana mudah bukan cara membuat menu di wordpress. Tutorial wordpress membuat menu ini tidak berhenti sampai di sini kita juga akan membuat menu dropdown yang ketika di klik atau di hover ( di dekati kursor ) akan menampilkan submenu atau menu tersembunyi. Menu seperti ini biasanya digunakan untuk menghindari menu yang terlalu panjang sehingga pengunjung tidak bingung ketika ingin mencari sesuatu berdasarkan menu di wordpress kita. Lalu bagaimana caranya, cukup mudah kalian klik drag and drop kiri kanan atas bawah hingga menghasilkan susunan seperti berikut:

Sekian tutorial wordpress tentang bagaimana cara membuat menu di wordpress dan jangan lupa ketika kalian membuat menu tersebut tetaplah memperhatikan kemudahan bagi pengunjung karena susunan dan panjang menu merupakan navigasi bagi pengunjung untuk mempermudah mencari informasi di dalam website kita. Semoga bermanfaat dan terus belajar jangan lupa LIKE FP Onphpid untuk tutorial WordPress dan tutorial PHP lainnya yaa.

Cara Daftar Hosting Gratis di Idhostinger
Cara Menggunakan Bootstrap pada WordPress