Membuat koneksi ke Database dengan PHP MySQLi

Belajar Membuat Koneksi database dengan php merupakan sebuah dasar dalam belajar pemrograman web dan belajar php, dengan berkoneksi kita bisa melakukan interaksi dengan database seperti melakukan CRUD (Create, Read, Update dan Delete). Tutorial seperti membuat koneksi database dengan php bukan lagi tutorial php baru, sebab sudah banyak situs yang menulis tentang cara membuat koneksi database mysql dengan php, namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan belajar membuat koneksi database mysql tetapi dengan mysqli.

 

Tutorial ini juga tersedia dalam bentuk Video PHP MYSQLi CRUD

 

Kenapa MySQLi ?

MySQLi adalah sebuah ekstesi baru dari mysql yang diklaim lebih aman dan lebih cepat dari mysql tanpa “i” serta lebih stabil di PHP 5 ke atas. Apalagi PHP akan merilis PHP versi ke 7 dan mengabaikan angka 6, sehingga mulai saat sini kita akan biasakan menggunakan MySQLi dengan harapan ketika kita menggunakan PHP 5 keatas kita tidak akan kerepotan dengan issue error deprecated karena mysql sudah tidak lagi disupport oleh PHP 5 ke atas. dan lagi kita akan menggunakan mysqli object, diharapkan kita akan terbiasa ketika menggunakan pemprograman PHP OOP.

Membuat Koneksi Database dengan PHP

Mula-mula silahkan membuat folder dengan nama “belajar-php” pada folder “c:\xampp\htdocs\” kemudian buatlah folder dan file seperti yang pernah onphpid tulis pada  Struktur direktori | Folder webiste. Sehingga folder kita lebih tertata dan bisa melanjutkan tutorial php ini dengan mudah.

Buatlah sebuah database pada halaman phpmyadmin dengan mengakses localhost/phpmyadmin, beri nama databse yang kalian buat dengan nama “database_kita“.

jika belum bisa membuat database, kalian bisa baca artikel cara membuat database sehingga kita bisa lanjut ke step selanjutnya.

Setelah kita berhasil membuat database di phpmyadmin selanjutnya kita akan kembali ke htdocs dan buka file config.php
dan isi dengan kode berikut :

Berikutnya kita berpindah ke file index.php dimana kita akan menyisipkan file config.php ke dalamnya menggunakan require seperti berikut :

__DIR__ adalah konstanta dengan kepanjangan Direktory yang berisi alamat lengkap dari root direktori (direktori akar) hingga file yang berisi konstanta.
contoh :

Pada tutorial php di atas kita meletakkan __DIR__ di file index.php, jika jalankan perintah :

echo __DIR__ // outputnya c:\xampp\belajar-php

apabila kita membuat sebuah file di dalam folder admin dan di dalam file tersebut kita jalakan perintah :

echo __DIR__ // outputnya c:\xampp\belajar-php\admin

begitu seterusnya.

Menguji Koneksi Database dengan PHP

Setelah kita selesai dengan file config.php dan index.php selanjutnya akan melakukan tes pada koneksi database yang sudah kita buat dengan cara mengakses http://localhost/belajar-php melalui browser favorit kalian.

Jika browser kalian “blank” maka koneksi database yang kita buat berhasil, namun jika muncul “Maaf Koneksi gagal” berarti ada sebuah kesalahan silahkan check kembali username, password, host maupun nama database kemungkinan besar terjadi kesalahan disana.

Demikian tutorial membuat koneksi database dengan php. apabila terdapat kesalahan silahkan tinggalkan pesan kalian pada kolom komentar dibawah. sekian dan selamat belajar.

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.