Software Untuk Membuat Website Sendiri

OphpID – Software untuk membuat website atau Web App sendiri telah tersebar sangat luas di internet, sehingga software untuk membuat website ini dapat kita peroleh secara mudah ditambah lagi ada yang versi gratis, trial yang bisa kita dapatkan dengan mudah. kali ini saya akan share software
apa saja yang sering saya gunakan untuk membuat website atau web app sendiri.

Berikut software yang sering saya gunakan untuk membuat sebuah website, diantaranya adalah
Sublime Text 3 (portable version)


Sublime Text merupakan Text Editor yang cukup populer dikalangan programmer selain ringan sublime text memiliki banyak plugin yang bisa kita pakai, meskipun versi portable alias trial sublime text cukup bagus untuk digunakan untuk menulis kode-kode PHP, HTML, CSS maupun JS.

 

 

 

Plugin favorit yang sering saya pakai adalah:

  • Emmet
  • PHP doc
  • MySQL modern
  • jQuery doc

yang sangat membantu untuk menulis kode-kode program.

Notepad++ (Free)


Seperti halnya Sublime Text, Notepad++ text editor yang cukup populer dan yang satu ini tersedia gratis, ringan dan sangat membantu ketika sublime text 3 lagi ngadat. Notepad++ juga tersedia banyak plugin seperti halnya Sublime Text, namun beberapa plugin dari Notepad++ ada yang dihentikan sehingga Notepad++ selalu menjadi tim cadangan bagi saya.

 

Google Chrome

Browser keluaran google yang sangat keren, karena terdapat fitur-fitur dan addon-addon yang sangat membantu dan sangat saya sukai, selalu dan selalu membatu saya dalam membuat desain website, check error JS dan Check kecepatan load (bergantung koneksi hehehe).
salah satu fitur dari google chrome adalah inspect elemet (F12), ini sangat membantu untuk urusan desain dan CSS properti. dan addon dari google chrome yang sering saya gunakan adalah ScreenCapture cocok untuk mencari inspirasi desain dari situs-situs terkait.

Xampp


Xampp adalah program kompilasi yang memuat beberapa program seperti Apache, http server, MySQl database, dan penerjemah bahasa (PHP | Perl). singkat kata Xampp digunakan untuk membuat Server (lokal) yang dapat kita akses dengan menggunakan Browser kemudian kita ketikan http://localhost di address bar browser.

Video Cara Membuat URL Shortener dengan PHP
Membuat koneksi ke Database dengan PHP MySQLi