Cara Mencetak Data Langsung ke Printer Dot Matrix pada Laravel PHP

Hallo sobat ONPHPID, kita ketemu lagi tentunya masih di tempat belajar yang sama yaitu onphpid.com. O iya teman-teman pada tutorial sebelumnya kita sudah Belajar Laravel 5.4 – Login with Facebook, Google, Github, LinkedIn and Bitbucket Bahasa IndonesiaNah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar Bagaimana Cara Mencetak Data Langsung ke Printer Dot Matrix pada Laravel dan PHP?

Persiapan :

Pada bagian ini ONPHPID asumsikan teman-teman sudah memiliki satu project Laravel, jika belum bisa kesini. Terserah teman-teman mau menggunakan Laravel versi berapapun, misal Laravel 5.1, Laravel 5.2, Laravel 5.3, Laravel 5.4 atau bahkan menggunakan Laravel 5.5. Namun agar semuanya lancar, ONPHPID sarankan untuk menggunakan Laravel versi 5.4 sama dengan yang ONPHPID gunakan ketika membuat tutorial ini.

Kita install packages yang akan membantu kita lebih mudah dalam mencetak data, yaitu mike42/escpos-php.

Caranya buka gitnya atau cmd, seperti biasa ketika kita ingin menginstall packages menggunakan composer cukup menjalankan perintah composer require mike42/escpos-php.

composer require mike42/escpos-php

Kemudian siapkan printernya hehe…

Karena kita tidak akan tahu berhasil atau tidaknya jika kita tidak memiliki printer yang akan kita gunakan untuk testing. Disini ONPHPID menggunakan printer Dot Matrix dengan Merk EPSON type TM-U220, teman-teman bisa menggunakan type lain. Jika sudah mari kita pindah ke text editor kesayangan masing-masing.

EPSON TM-220

Kita buka file welcome.blade.php dan tambahkan sebuah form seperti di bawah ini:

welcome.blade.php

jika kita lihat akan seperti di bawah ini:

 

setelah itu tambahkan javascript di bawah ini di file yang sama sebelum penutup tag </body>.

Kemudian kita buka web.php dan daftarkan routenya hingga seperti di bawah ini:

Jika sudah, mari kita coba Mencetak Data Langsung ke Printer Dot Matrix pada Laravel dan PHP. Apabila tidak ada kesalahan, maka proses cetak akan berhasil, dan tentunya tanpa perlu ada windows preview seperti ketika kita menggunakan window.print();

Jika berhasil maka muncul alert berhasil…

Hasil cetaknya seperti gambar di bawah ini:

Jika teman-teman belum berhasil atau ingin membaca dokumentasi yang disediakan oleh om mike42, teman-teman bisa kesini. Pada dokumentasi, teman-teman bisa mengeksplore lebih jauh lagi. Lalu pertanyaannya, Bagaimana Mencetak Data Langsung ke Printer Menggunakan PHP?(bukan framework php seperti laravel misalnya). Jawabannya ada disini.

Baca Juga :  Mengenal Tentang Web Hosting dan Nama Domain

Sekian dulu tutorial Cara Mencetak Data Langsung ke Printer Dot Matrix pada Laravel dan PHP. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Referensi dari: https://github.com/mike42/escpos-php

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.