Belajar Laravel: Laravel 5.5 Resmi Release, Apa yang baru?

Hallo teman-teman ONPHPID

Tahu kan hari ini Laravel 5.5 resmi direlease, Apa saja perbedaan dengan versi-versi sebelumnya. Kali ini ONPHPID akan membahas hal-hal baru yang ada di Laravel 5.5. Dan kabar baiknya adalah Laravel 5.5 merupakan versi LTS, seperti versi Laravel 5.1. LTS itu apa ya?

LTS merupakan kepanjangan dari Long Term Support, artinya versi Laravel 5.5 akan sedikit berbeda dengan versi sebelumnya. Perbedaan itu sendiri yaitu, pada Laravel 5.5 akan lebih lama mendapat dukungan yang lebih lama. Versi LTS menerima perbaikan bug selama dua tahun, dan perbaikan keamanan selama tiga tahun. Sedangkan pada versi yang bukan LTS hanya menerima dukungan perbaikan bug selama 6 bulan, dan perbaikan keamanan selama satu tahun.

5 Fitur baru Laravel 5.5:

1.Packages Whoops

Nah pada Laravel 5.5 packages whoops yang pernah ada di Laravel 4 ada lagi di Laravel 5.5. Seperti apa sih packagesnya? Jika, yang pernah menggunakan packages ini pasti akan tahu tampilan saat debuging seperti apa. Yaitu seperti gambar di bawah ini:

2. Collection Dump

Collection Dump, what this it? Jadi jika di Laravel versi sebelumnya kita biasa debuging menggunakan helper dd(), di Laravel 5.5 kita bisa menggunakannya sebagai method. Contohnya seperti ini

3. Request Validation Method

Jika pada versi Laravel sebelumnya kita menggunakan $this->validate() untuk validasi, di Laravel 5.5 kita bisa bisa langsung memvalidasi objectnya. Contoh,

4. Blade directives

Mungkin kita biasa melakukan pengecekan terhadap user, apakah boleh mengakses sesuatu atau tidak, menu misalnya. Kita biasanya mengeceknya seperti ini

dengan Blade::if() kita bisa mengeceknya seperti ini

perlu di ingat auth dan guest bisa kita tentukan sendiri, misalnya kita tidak ingin auth dan guest tapi ingin admin dan user, maka kita membuat Blade directivenya di controller seperti ini:

lalu di Bladenya seperti di bawah ini:

5. Automatic Package Discovery

Nah salah satu fitur ini yang ONPHPID suka, karena apa? karena pada Laravel versi sebelumnya jika kita menginstall sebuah packages kita perlu mendaftarkannya di app/config/app.php Provider dan alias classnya, agar di kenali. Tapi, di Laravel 5.5 kita tidak perlu melakukan semua itu. Hebat bukan, sedikit pekerjaan kita sudah di handle oleh Laravel.

Ok teman-teman itulah 5 dari banyak fitur baru yang ada pada Laravel 5.5. Semoga bermanfaat dan menambah kita makin semangat untuk belajar salah satu Framework PHP yaitu Laravel.

Baca Juga: Cara Mencetak Data Langsung ke Printer Dot Matrix pada Laravel dan PHP

Sekian dulu tutorial Belajar Laravel: Laravel 5.5 Resmi Release, Apa yang baru?. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Referensi: Laravel News

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.