membuat halaman login dengan php bootsrtap

Cara Membuat Website Bagian Halaman Login

Cara Membuat Website Bagian Halaman Login Kembali lagi di tutorial php tentang cara membuat website bagian ke 4, yaitu membuat halaman login website dan halaman admin website. Dan sebelum lebih jauh onphpid sampaikan terlebih dahulu bahwa tutorial cara membuat website ini sederhana jadi besar kemungkinan banyak bug dimana-mana sehingga onphpid mengajak kalian untuk mengingatkan apabila terdapat error ataupun salah dalam tutorial membuat website ini.

Requirement system masih sama dengan sebelum yakni menggunakan XAMPP Version: 5.6.3

Bagi Kalian yang belum membaca bagain ke 3 silahkan baca cara membuat website bagian Struktur Direktori Website

Pada tutorial php yang lalu onphpid telah menulis tutorial membuat form login multiuser dan form login sederhana yang mungkin bisa membah referensi dalam membuat website baik mengikuti tutorial ini atau tutorial dari website lain. dan baca juga cara Mempercantik halaman login dengan bootstrap.

Sebelum kita memulai cara membuat website bagian halaman login untuk website kita pertama tambahkan data admin terlebih dahulu dalam database di table ‘users’ :

Username : admin

Password : c0e024d9200b5705bc4804722636378a

Level_user : admin

Jika belum membuat database kalian bisa melihatnya ditutorial cara membuat website bagian merancang database.

Setelah melakukan insert data di atas kita akan membuat beberapa file.php di folder admin berikut file-file.php nya :

admin-loader.php

Kurang lebih isi dari admin-loader.php ini sama dengan loader.php pada direktori main, file itulah yang menopang sekaligus memanggil file.php yang dibutuhkan.

Berikut skripnya :

categories.php

file ini adalah halaman untuk memanagement category  dalam website yang kita buat. baik untuk menambah, menghapus atau merubah suatu kategori.

Sementara skripnya sebagai berikut :

check-login.php

check-login.php adalah file yang bertanggung jawab untuk memvalidasi username dan password user yang hendak login ke dalam halaman admin dari website kita.

Berikut skripnya :

Pada SQL terdapat (email=’$username’ OR username=’$username’), kode tersebut dimaksudkan agar user bisa login dengan username atau email nya.

*revisi pada tutorial php tentang cara membuat website, isi file functions.php belum ditambahkan

functions.php

file yang berisi sekumpulan fungsi yang bertujuan untuk memudahkan kita, dalam kasus form login ini kita akan membuat fungsi is_login() untuk mengetahui user sudah login atau belum dan is_admin() untuk mengecheck dia admin atau bukan. berikut kodenya :

 

comments.php

file ini adalah halaman yang akan kita gunakan untuk memanagement komentar yang masuk kedalam website kita.

Sementara skrip php sebagai berikut :

dashboard.php

adalah halaman short-cut untuk menampilkan potongan informasi dari keseluruhan menu yang tertanam dalam website yang kita buat. sementara kodenya sebagai berikut :

footer.php

footer adalah bagian dari template halaman admin website.

header.php

header.php adalah bagian dari template halaman admin dari website seperti footer.php

index.php

index.php adalah file yang pertama kali di akses ketika halaman admin dibuka dan user akan diarahkan kehalaman dashboard.php terlebih dahulu, berikut skrip phpnya :

login.php

login.php adalah halaman login yang akan muncul bila user mengakses halaman admin dalam keadaan belum login atau setelah user logout.

Berikut skripnya :

posts.php

posts.php adalah halaman untuk memanagement posting seperti tambah, hapus, edit dan mengaitkan dengan category.

Berikut skrip phpnya :

sidebar.php

sidebar.php adalah potongan template halaman admin yang berisi menu navigasi ke tiap halaman, berikut kodenya :

users.php

users.php adalah halaman untuk memanagement users, dan berikut skripnya :

Hingga hasil akhir direktori admin akan nampak sebagai berikut.

cara membuat website halaman login

Dan untuk menguji silahkan buka localhost/website/admin

Jika muncul halaman login gunakan user : admin dan password: admin

Perlu diketahui header.php, footer.php dan sidebar.php adalah bagian template yang nantinya akan digabungkan dengan file dashboard.php, posts.php, comments.php, categories.php, users.php sehingga menjadi satu template yang utuh. Sedangkan login.php adalah file yang berdiri sendiri. Pada tutorial membuat website ini jika dibilang tamplinya masih jelek sekali karena belum melibatkan css dan js sebagai alat mempercantik website.

Sekian dulu tutorial php Cara Membuat Website Bagian Halaman Login dan nantikan tutorial berikutnya cara membuat webiste sendiri bagian mempercantik halaman login.

Jangan lupa untuk Like FP onphpid untuk mendapatkan informasi terbaru dari onphpid.com dan silahkan tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan. terimakasih

Mungkin Kamu Suka