Cara Membuat Website | Halaman Komentar

Onphpid – Setelah libur cukup lama kini Onphpid akan kembali menghadirkan tutorial lanjutan dari cara membuat website yang sudah terbengkalai. Tutorial php selanjutnya untuk membuat web kali ini adalah membuat halaman komentar. Kita semua pasti sudah tahu apa fungsi dan kegunaan dari halaman komentar ini tentu saja untuk melihat semua komentar yang sudah masuk kedalam website kita. Bahkan untuk website yang lebih expert tidak hanya melihat tapi juga memanagemen apakah mau ditampilkan atau tidak, diedit atau di filter dan dianggap sebagai spam. Namun karena kita membuat website dengan versi sederhana kita cukup mengahapusnya saja karena secara otomatis komentar yang dimasukan akan ditampilkan.

Komentar adalah salah satu fitur untuk website agar website yang kita buat lebih interaktif (mendapatkan feedback) dalam setiap postingan yang sudah kita buat.

Baik langsung saja copy dan paste kode php dibawah ini kedalam file comments.php yang berada difolder admin :

 

Baca Juga tutorial onphpid sebelumnya : Cara Membuat Website | Halaman Category.

Sesuai yang onphpid katakan diatas ditutorial membuat website ini adalah sederhana jadi hanya fungsi delete yang akan kita buat. perhatikan fungsi berikut.

 

Fungsi diatas merupakan fungsi untuk menghapus komentar berdasarkan id, dimana kita menggunakan metode GET (metode yang memanfaatkan url untuk meletakkan parameter) dengan parameter “delete”. Kita menggunakan tiga macam validasi dalam fungsi delete ini :

Pertama : isset() pengecekan apakah variable $_GET[‘delete’]; sudah terset / sudah ada.

Kedua : ! empty() (dibaca : not empty) apakah $_GET[‘delete’] berisi atau tidak berisi.

Ketiga : is_numeric() apakah nilai yang tekandung $_GET[‘delete’] angka tau bukan.

dari ketiga fungsi diatas kita gunakan untuk memvalidasi fungsi delete kita dan ketiganya memiliki dua nilai TRUE dan FALSE. Dan apabila tidak kita berikan tiga validasi diatas bisa jadi komentar yang sudah masuk akan terdelete secara tidak sengaja bahkan hilang semuanya tanpa kita sadari atau tidak bekerja sesuai keinginan kita. disana kita menggunakan operator “&&” (dibaca : AND) agar ketiga validator tersebut saling terkait, apabila kita menggunakan “||” (dibaca : OR) bisa jadi ketika ada satu saja validator yang valid maka akan lolos atau dianggap benar.

fungsi-fungsi php diatas dapat kalian check di :

php.net isset()

php.net empty()

php.net is_numeric()

Sekian Tutorial singkat dari Cara Membuat Website onphpid. jangan lupa LIKE FP onphpid atau subscribe onphpid.com untuk mendapatakan tutorial cara membuat website terbaru atau tutorial tentang website lainnya.

Belajar Membuat Template Web Menggunakan Bootstrap
Cara Membuat Website | Halaman Users