Cara Membuat Website | Halaman Users

Onphpid – kita kembali melanjutkan tutorial membuat website yang sederhana. Kali ini adalah tutorial terakhir dalam membuat website bagian administrator alias halaman adminnya, dimana halaman users ini kita dapat mengetahui, menambah, mengubah serta menghapus user yang terdaftar pada website kita.

Halaman user ini bertugas untuk memanagement semua user yang ada didaftar website kita. Dalam langkah yang lebih expert kita dapat membatasi hak akses tiap-tiap user, dari user yang dapat mengakses semua fitur hingga user yang hanya bisa mengakses fitur tertentu saja. Hal ini sangatlah penting untuk keperluan website yang dibuat memiliki hak akses yang berbeda. Misalkan ada Administrator dan Penulis, dimana Administrator memiliki hak untuk mengakses semua fitur yang dimiliki website yang kita buat, sedangkan Penulis hanya memiliki hak untuk membuat dan mengubah tulisannya saja, adapun mendelete tulisan pun hanya tulisan yang dia tulis sendiri ( dalam kasus penulis lebih dari satu).

Baca tutorial sebelumnya : Cara Membuat Website bagian Halaman Komentar.

Seperti biasa dalam tutorial cara membuat website bagian halaman user ini kita cukup mengcopy script php berikut kedalam file add-user.php di folder admin. Dimana script ini bertugas untuk menambah user baru, yang secara default user baru diberi hak akses sebagai member dan dapat juga diganti menjadi administrator.

 

 

Baca juga : Cara membuat halaman website dengan bootstrap 3.

Setelah selesai kita akan lanjut pada kode berikut, dan letakkan di file users.php di folder admin. Dimana file ini bertugas untuk menampilkan seluruh user yang sudah terdaftar pada website kita dihalaman ini terdapat tombol untuk meng-edit dan men-delete user yang kita inginkan. Langsung saja silahkan kopas :

Sekian dulu tutorial halaman users ini, kita akan lanjutkan tutorial berikutnya masih tentang cara membuat website namun pada bagian depan alias template. Pantau terus situs ONPHPID atau LIKE FP onphpid untuk mendapatkan update terbaru tentang tutorial cara membuat website atau tutorial php terbaru lainya.

 

Cara Membuat Website | Halaman Komentar
Cara Install WordPress di XAMPP atau Localhost