Cara Membuat Website dengan WordPress

cara membuat website dengan wordpress – halo readers kali ini kita akan belajar membuat website dengan wordpress kenapa wordpress ? karena wordpress memiliki sebuah CMS atau Content Management System yang bisa kita gunakan untuk membuat website dengan sangat mudah dan praktis oleh karena itu kita akan mencoba membuat website dengan wordpress. Lho bukannya wordpress itu blog? Jika kalian berfikir begitu berarti kalian belum mengenal wordpress dengan wordpress hehehe. Lalu bagaimana cara membuat website dengan wordpress tersebut? Yuk baca terus.

Apa Itu WordPress ?

Jika kalian menganggap wordpress ada aplikasi blog selayaknya blogger Itu tidak sepenuhnya benar karena sebenarnya wordpress sendiri saat ini merupakan aplikasi yang multipurpose yang memungkinkan kita membuat blog, website hingga toko online dengan wordpress. WordPress sendiri terbagi menjadi dua yang bisa kita pakai secara gratis :

WordPress.com

wordpress.com adalah situs blogging seperti blogger yang dapat kita gunakan secara gratis namun kita hanya mendapatkan subdomain dan fitur membuat website dengan wordpress yang terbatas. Di wordpress.com kita tidak bisa melakukan kostumisasi seperti menambah code atau membuat theme wordpress sendiri dan mengharus kita untuk membeli theme atau fitur premium lainnya. Meskipun begitu wordpress.com sudah lebih cukup untuk kita gunakan membuat website dengan wordpress ataupun toko online, kita hanya perlu melakukan sedikit kostumisasi dan atau membeli domain sendiri jika diperlukan.

WordPress.org

WordPress.org adalah situs yang bisa dibilang situs rujukan untuk para developer atau pengembang wordpress dan disitus ini terdapat file CMS wordpress yang bisa kita unduh secara gratis untuk kita membuat website dengan wordpress. Adapun subdomain khusus codex.wordpress.org yang di dalamnya terdapat code dan segala seluk beluk tentang wordpress seperti membuat theme wordpress , membuat plugin, dan kostumisasi lainnya.

Karena terdapat dua macam wordpress yang akan kita gunakan untuk membuat website maka hanya akan menggunakan wordpress.org saja karena kitakan mau jadi developer hehehe. Untuk cara installpun akan kita bagi dua dimana kita akan meng install wordpress secara offline yang bisa di baca di cara install wordpress offline dan menginstall wordpress di hosting. Dan di sini kita akan meng-install wordpress di hosting dengan jasa hosting gratis dari idhostinger.com agar bener-bener terasa bagaimana cara membuat website dengan wordpress-nya.

Cara Install WordPress di Hosting

Kita sudah mengenal wordpress nah selanjutnya untuk membuat website dengan wordress adalah memiliki hosting dan domain, hosting dan domain ini bisa kalian dapatkan dengan menyewa atau mencari yang gratisnya dari idhostinger.com, idhostinger.com hanya memberikan subdomain. Untuk mendapatkan domain utama bisa kita dapatkan situs dot.tk. jika sudah kita kalian bisa melakukan pendaftaran di idhostinger.com untuk mendapatkan hosting gratisan di sana. Bagaimana cara daftarnya berikut cara mendaftar idhostinger.

jika sudah memiliki silahkan lakukan langkah – langkah cara install wordpress di hosting.

Silahkan login ke idhostinger.com dengan akun g+ (karena tutorial yang kemarin kita menggunakan akun g+). Dan klik menu “hosting” dan pilih semua hosting. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Kemudian klik nama domain yang sudah kita daftarkan kemarin dan klik “auto installer”. Pada halaman installer ketikan “wordpress”, setelah muncul icon wordpress bisa kalian klik icon tersebut untuk memulai menginstall wordpress di hosting.

Setelah itu akan muncul halaman konfigurasi dimana kita untuk mengisi formulir terkait konfigurasi website wordpress kita seperti username dan password selengkapnya seperti berikut :

Kemudian klik “install” dan tunggu kurang lebih 5-10 menit kemudian akses namadomain yang sudah kalian daftarkan dan pastikan website dengan wordpress kalian tampak seperti berikut :

Yang artinya website dengan wordpress kalian telah berhasil diinstall di hosting. Untuk mengakses halaman admin wordpress kalian bisa ketikan namadomain.com/wp-admin dan masukan username dan password yang sudah kalian isi di pendaftaran formulir tadi.

Gimana mudah bukan cara membuat website dengan wordpress dan cara install wordpress di hosting. Jika kalian ingin coba-coba membuat theme wordpress bisa coba nih cara membuat theme wordpress dengan bootstrap.

Sekian dulu tutorial php dari onphpid, ikuti terus tutorial wordpress dengan LIKE FP onphpid di sebelah kanan. Selamat belajar.

Membuat Pageview di Artikel WordPress
Cara Daftar Hosting Gratis di Idhostinger