Menampilkan Data Berdasarkan Dropdown Select Pada PHP MySQL

Hallo teman-teman ONPHPID, pada kesempatan kali ini kita akan belajar Bagaimana Menampilkan Data dari database berdasarkan Dropdown select. Jadi nantinya kita dapat membuat layaknya fasilitas filter pada kebanyakan toko online, meskipun hanya sederhana tapi teman-teman dapat mengekplore lagi untuk digunakan pada aplikasi yang akan teman-teman buat. Jika ingin Belajar Laravel disini ya teman-teman.

Mari kita persiapakan, pertama buat database dengan nama change, lalu buat dua table. agar lebih cepat teman-teman dapat menggunakan tabel yang sudah lebih dulu saya buat berikut ini :

kemudian buat project baru dengan nama yang teman-teman inginkan, di sini ONPHPID membuat project dengan nama onphpid. Lalu buat 4 file masing-masing dengan nama app.js, index.php, ProductController.php, dan Config.php sehingga struktur direktorinya seperti di bawah ini :

setelah itu kita buat layout dulu, maka buka index.php dan tambahkan code di bawah ini :

Note :

  • File Bootstrap dan Jquery saya ambil dari CDN

kemudian kita buat koneksi ke database, buka file Config.php dan masukan code seperti di bawah ini :

jika sudah mari kita buat script untuk memproses ketika ada event change pada dropdownnya. Buka file ProductController.php dan tambahkan code di bawah ini :

kemudian kita buat script ajaxnya di file app.js, silakan teman-teman tambahkan code di bawah ini :

Ok teman-teman selesai…

Mari kita cek di browser dengan URL localhost/onphpid, jika tidak ada kesalahan maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Bagaimana teman-teman apakah berhasil? jika belum coba dibaca lagi dengan teliti mungkin ada yang terlewat.

Baca Juga : 4 website Flat UI Colors yang dapat menjadi referensi memilih warna untuk aplikasi kita

Sekian dulu Tutorial Menampilkan Data Berdasarkan Dropdown Select Pada PHP MySQL. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.