Belajar Laravel : Berkenalan dengan Laravel 5.3 Untuk Pemula

Halo teman-teman jumpa lagi dengan ONPHPID, pada tutorial kali ini kita akan belajar laravel untuk pemula. Bagi yang belum tau apa itu laravel itu? Ok, Sedikit akan onphpid jelaskan tentang Apa Itu Framework Laravel, Laravel merupakan framework PHP seperti halnya Codeigniter, Yii, Simfony, dan framework-framework lain yang telah lebih dulu ada. Lalu apa bedanya Laravel dengan Framework lainnya ? Dengan laravel kita akan dipermudah fitur-fitur kerennya seperti Eloquent, Artisan, support REST, Composer dan masih banyak yang lainnya sehingga kita akan lebih mudah dalam mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web.

Framework Laravel mulai diperkenalkan sekitar tahun 2011 sebagai jawaban atas ketidakpuasan para programmer web dengan framework-framework sebelumnya. Dan saat ini laravel sudah pada versi 5.3.* dan kabarnya akan segera release Framework Laravel versi 5.4.*. Ya Kita tunggu saja om Taylor otwell mereleasenya. Pada tutorial ini kita akan belajar laravel menggunakan Laravel versi 5.3.* jadi persyaratan yang harus dipenuhi sebelum menggunakan Laravel yaitu:

  • PHP >= 5.6.4
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Untuk lebih jelasnya dapat membuka situs resmi laravel disini https://laravel.com. Setelah semua persyaratan terpenuhi, kita juga diharuskan mengistall composer agar dapat mengintall project laravel pada komputer kita. Composer adalah sebuah tools package manager untuk bahasa pemograman PHP yang membantu developer dalam mengelola package yang akan digunakan dalam proyeknya. Dengan menggunakan Composer, kita dapat dengan mudah mengelola dependency (library) yang diperlukan aplikasi PHP mulai dari download, pengaturan, autoload hingga update dependency, semuanya dengan mudah dapat dilakukan dengan bantuan composer. Kita dapat menggunakan package-package buatan orang lain dengan mudah hanya dengan menggunakan composer. Banyak sekali package  yang dapat kita gunakan, semua package tersebut dapat kita lihat di packagist.

Ok.. sekian pengenalannya. sebagai Step Awal kita akan mulai dengan Cara Installasi Composer

Cara Install Composer untuk Laravel

Kali ini kita akan menginstall composer terlebih dahulu agar dapat memulai belajar laravel. Untuk mengistall composer kita dapat mendownloadnya di https://getcomposer.org dan pada halaman download kita dapat langsung mendownload composer intaller

 

setelah selesai mendownload silahkan double klik atau klik kanan pada file Composer-Setup.exe dan nanti akan muncul jendela composer setup seperti dibawah ini, silahkan klik next untuk melakukan proses instalasi

Namun sebelum menginstall composer, pastikan kita sudah menginstall php pada komputer kita, kalian dapat melakukan instalasi satu persatu atau melakukan instalasi melalui software paket distribusi seperti xampp, wamp atau lain nya (disini ONPHPID menggunakan XAMPP). Kalau sudah silahkan pilih lokasi php.exe dan klik next untuk melanjutkan proses instalasi.

Tunggu sampai proses instalasi selesai, jika sudah selesai silahkan klik finish. Kemudian cek apakah composer sudah terinstall pada komputer kita atau belum, dengan membuka command prompt kita dan ketikkan composer-v, jika sukses maka akan muncul seperti berikut :

jika gagal, silakan ulangi lagi instalasinya mungkin saja ada bagian yang terlewati.

Sekian dulu tutorial Belajar Laravel : Berkenalan dengan Laravel 5.3 untuk Pemula Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat melalui komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Selamat Belajar…

Membuat Halaman Single untuk Custom Post-Type
Belajar Laravel : Installasi Framework Laravel 5.3 untuk pemula