form login dengan php

Membuat Form Login Sederhana dengan PHP MySQLi

Sistem Login Sederhana dengan PHP MySQLi

Membuat form login php – Siapa yang tidak tau tentang form login atau halaman login ini ? pasti semua sudah tau karena halaman login merupakan salah satu sistem yang cukup penting dalam membuat sebuah website khususnya sebagai salah satu sistem keamanan. Ya dengan menggunakan form atau halaman login ini kita bisa menyaring siapa saja yang boleh masuk dan tidak boleh masuk website kita. Lalu bagaimana cara membuatnya? saya tidak bilang ini mudah karena saya sendiri mencoba membuatnya membutuhkan waktu cukup lama ( maklum masih amatiran 😀 ) tapi juga tidak begitu sulit karena banyak tutorial yang sudah menjabarkan dan menjelaskan untuk membuat halaman login dengan PHP.

Sebagai hasil penelitian, analisi dan praktek yang saya lakukan hehehehe, saya bagi sedikit yang sudah saya ketahui ini berikut source code nya.

Pada dasarnya sistem login bekerja dengan cara mencocokan data yang sudah kita inputkan yaitu username dan password dengan data yang sudah tersimpan di database (yaitu pada table users), kalau ditemukan berarti valid, jika tidak berarti gagal. simple bukan teorinya 😀 tapi source code-nya? saya yakin kawan-kawan pasti akan sedih melihatnya ahahaha.
Baik mari kita mulai saja :
1. Buatlah folder bernama “login” di dalam htdocs.
2. Buatlah database dengan nama “login”.
3. Download source code simple login lalu extract.
4. Pindahkan isi dari folder simple login ke dalam folder login yang sudah kita buat sebelumnya.
5. Import file login.sql kedalam database login yang sudah kita buat juga sebelumya.
Dari sistem login yang saya buat bertumpu pada 3 file utama
– load.php
– check-login.php dan
– paging.php untuk masalah paging ini kawan-kawan bisa baca di Cara Membuat Web Dinamis dengan PHP

lalu bagaimana dengan file yang lain? selebihnya adalah tambahan saja 😀

load.php
File ini saya isi dengan fungsi-fungsi dan variable tambahan untuk membantu pengkodean dilangkah selanjutnya berikut contoh kode yang saya buat

 

define adalah syntax untuk mendefinisikan, seperti halnya $variable namun define bersifat constant jadi nilainya tidak bisa berubah atau redefine, meskipun ditulis kembali di line berikutnya. jadi lebih aman untuk variable yang bernilai statis.

check-login.php
File ini jelas digunakan untuk mem-validasi data yang kita inputkan untuk dicocokkan dengan database. Dan seperti biasa di sini saya menggunkana mysqli object oriented alasannya, saya sudah terbiasa dengan itu hehehe. pada line-line awal saya menggunakan IF inline untuk lebih jelas bisa dilihat di Macam – macam bentuk IF di PHP.

Pada line berikutnya saya menggunakan fungsi escape_string() untuk menghindari SQL injection. Meskipun belum tentu aman dari hacking hehehe.

contoh :

$username = $koneksi->escape_string($username);

paging.php
File ini digunakan untuk menjebatani atau bertugas atas urusan perpindahan halaman sekaligus menghindari pengaksesan file.php kita secara langsung karena itu berbahaya.

Sedikit tambahan
Pertama dalam sistem login ini saya menggunakan “session” untuk penyimpanan sementara, sehingga user yang sudah berhasil login tidak perlu login lagi sampai user logout.

Kedua saya memanfaatkan define untuk menghindari pengaksesan file.php secara langsung
contoh :

if( !defined(‘index’) ) { die(‘Halaman Di lindungi’); }

jika tidak percaya silahkan check dengan mengetikan url http://localhost/login/load.php

Ketiga saya menggunakan framework css dari bootstrap untuk memudahkan pembuatan layout website dan
Keempat saya menggunakan font-awesome untuk menambah ikon-ikon didalam website.

Source Code

Berikut Screenshoot-nya

Sistem Login Sederhana dengan PHP MySQLi
Halaman Visitor atau pengunjung
Sistem Login Sederhana dengan PHP MySQLi
Halaman login
Sistem Login Sederhana dengan PHP MySQLi
Halaman Administrator

Untuk lebih lengkapnya tentang membuat form login dengan php kalian bisa cek source code yang sudah disediakan di repository github

Mungkin Kamu Suka