Membuat Semi Toko Online : Pengenalan

1 min read

Halo semuanya kita jumpa lagi pada tutorial wordpress terbaru dari onphpid, seperti yang onphpid sampaikan pada akhir tutorial membuat theme wordpress sendiri dari nol kemarin, pada perjumpaan kali ini kita akan membuat semi toko online atau toko online paling super duper sederhana dengan wordpress.

Apa itu Semi Toko Online ?

Semi atau toko online sederhana ini adalah sebuah website hanya menampilkan produk seperti detail produk, gambar produk, kode produk dan harga produk saja. Lalu bagaimana dengan cara beli / ordernya? Cara ordernya cukup mudah, calon pelanggan bisa langsung melakukan kontak pada Owner atau pemilik toko online tersebut melalui telpon, email atau kontak yang lain. Sehingga sangat cocok untuk pelanggan yang tidak mau ribet dengan sistem Toko online dan lebih mengutamakan interaksi dengan pemilik toko. Tentu saja theme wordpress Jenis ini juga lebih cocok di kantong.

Sebagai contoh website yang menggunakan theme semi toko online adalah web tas souvenir di magetan https://souvenirmagetan.com. simpel kan ?

Membuat theme toko online sederhana

Dalam membuat theme semi toko online ini setidaknya kita perlu mempelajari beberapa materi selain membuat theme wordpress yaitu :

  • Custom Post-type
  • Metabox
  • Taxonomy
  • Page Template

Apa Itu Custom Post Type?

Custom Post-type adalah salah satu fitur yang diberikan wordpress kepada kita untuk membuat berbagai bentuk konten, Mungkin dari kalian ada yang pernah melihat atau menggunakan theme wordpress yang memiliki fitur Portfolio, Gallery, Team dan atau Testimoni. Nah fitur-fitur tersebut bisa kita buat dengan Custom Post Type. Disini akan kita gunakan Custom Post-Type untuk membuat menu Products yang berguna untuk menampilkan produk yang akan kita jual.

Apa itu Meta Box?

Metabox adalah Kotak penambah informasi dari post, page dan atau post-type (menurut onphpid). yang mana pada tutorial membuat toko online sederhana ini kita bisa memanfaatkan metabox untuk membuat kolom input harga dan input kode produk.

Apa itu taxonomy?

Mungkin terdengar aneh bagi kalian tentang kata taxonomy ini karena memang jarang digunakan oleh kebanyakan orang, mungkin padanan kata untuk taxonomy ini adalah pengelompokan atau grouping. Pada sistemnya kurang lebih mirip dengan Category atau Tags pada menu Posts.

Nah Semuanya akan kita bahas satu persatu ditiap pertemuan kita nanti tentunya dalam Tutorial Membuat Toko Online Sederhana. Jadi pastikan kalian sudah Like FP ONPHPID Tutorial dan Subscriber ONPHPID Youtube Channel agar tidak ketinggalan update tutorial wordpress . Gunakan kolom komentar / menu contact untuk bertanya langsung pada onphpid.

Kalian bisa mencuri start sebelum kita mulai tutorial membuat toko online sederhana ini, kalian bisa mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dari situs, blog atau forum di luar sana tentang:
Cara menggunakan :

  1. Custom Post Type,
  2. Metabox
  3. Taxonomy
  4. Page Template Pada theme wordpress.
  5. Halaman Single untuk Post Type

Sekian dulu dan selamat berkarya 😉

Membuat Halaman Single untuk Custom Post-Type

Membuat Halaman Single untuk Custom Post Type – Kemarin kita sudah berhasil membuat halaman home atau front page untuk tema semi toko online kita...
Avatar ONPHPID
1 min read

Membuat Page Template di WordPress

Hai Teman-teman ONPHPID kita jumpa lagi nih di tutorial Membuat Semi Toko Online dengan WordPress, saat ini kita sudah tiba di tutorial Membuat Page...
Avatar ONPHPID
2 min read

Registrasi Taxonomy baru pada Custom Post Type WordPress

Seperti yang telah ONPHPID sampaikan pada sesi pengenalan bahwa Taxonomy adalah cara pengelompokan, seperti halnya category ataupun tags pada menu Posts, gampangnya category dan...
Avatar ONPHPID
1 min read