Perbedaan|Hubungan antara PHP dan HTML

Pada beberapa tutorial yang lalu, OnphpID telah membahas tentang pengertian PHP. Pada kesempatan ini kita akan membahas perbedaan dan hubungan antara PHP dan HTML. Mungkin banyak kalangan yang akan menentang tentang judul PHP vs HTML ataupun gambar di atas khususnya pihak yang telah lama berkecimpung di dunia web developer namun dalam beberapa kasus OnphpID sering menemukan seseorang yang hendak belajar php ternyata belum tau perbedaan PHP dan HTML tak jarang yang  mencoba membandingkan. Jika kita lihat, perbedaan paling jelas adalah pada kode dan jenis (ekstensi) file-nya yang sudah sangat berbeda namun apakah hanya itu perbedaan antara PHP dan HTML? Nah OnphpID akan berusaha mengupas tentang perbedaan dan hubungan antara PHP dan HTML.

PENGERTIAN PHP dan HTML

PHP atau (PHP: Hypertext Preprocessor) merupakan salah satu bahasa pemrograman server-side yang berjalan pada sisi server. karena berjalan di sisi server PHP tidak dapat dijalankan secara langsung pada browser (dengan klik kanan > open with > Firefox, misalnya), ada tools atau software tambahan yang perlu di-install-kan pada komputer kita seperti xampp dan url http://localhost/ untuk mengakses file PHP kita.

HTML atau ( Hyper Text Markup Languange ) adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman-halaman website. Bahasa markup ( Markah dalam indonesia ) sendiri merupakan istilah untuk penandaan teks yang dibedakan secara sintaksis, sehingga HTML dapat dibaca atau dibuka secara langsung oleh browser tanpa ada penambahan tool selayaknya PHP.

PERBEDAAN PHP dan HTML

Seperti yang kita ketahui saat belajar membuat website di OnphpID tentang penggunaan PHP. Penggunaan PHP ditujukan untuk dinamisasi, matematik dan logic sehingga memungkin kita membuat dengan konten yang sangat banyak meskipun hanya menggunakan beberapa file php saja. Berbeda dengan HTML, kita perlu membuat file html sebanyak konten (posting) yang ada dalam website kita.

HTML murni ( tanpa javascript ) tidak mampu menangani dinamisasi, fungsi matematik dan logic seperti halnya PHP kenapa ? karena HTML adalah TEXT. Jadi jika kita ingin 100 ( seratus ) artikel di website kita berarti kita perlu 100 ( seratus ) file html yang memuat artikel tersebut.

Baca Juga Cara Membuat Web Dinamis dengan PHP

PERBEDAAN TAG PHP dan TAG HTML

Tag PHP selalu diawali <?php dan diakhir ?> , dan pada akhir fungsi php selalu diakhiri dengan “;” (titik koma).

Contoh :

Sedangkan HTML diawali dengan <tag> dan diakhiri </tag>

Contoh :

adapun tag yang hanya berbentuk <tag/>

Contoh:

HUBUNGAN PHP dan HTML

Dari pengertian PHP dan HTML di atas sangatlah jelas perbedaan diantara kedua bahasa tersebut. PHP diperuntukan untuk berinteraksi dengan server sedangkan HTML untuk menampilkan hasil dari PHP pada browser, meskipun PHP juga dapat menampilkan text selayaknya HTML dengan fungsi php echo() atau print(). Dari sini PHP lebih dimanfaatkan untuk dinamisasi web karena halaman yang dibuat dengan HTML masih statis.

Baca juga Cara Insert data Secara Massal dengan PHP dan Mysqli

Contoh dinamisasi dengan HTML dan PHP

Hasilnya :

KESIMPULAN

PHP dan HTML bukanlah untuk dibandingkan melainkan PHP dan HTML berjalan bersama karena kedua Bahasa tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

REFERENSI
http://en.wikipedia.org/wiki/PHP
http://en.wikipedia.org/wiki/HTML
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_markah

Form Login Beda Jabatan dengan PHP
Membuat Script Form Upload File dengan PHP