Cara Menggunakan Composer di Project PHP

Bagaimana Cara Menggunakan Composer di Project PHP? Seperti yang kita ketahui, composer adalah Dependency Manager untuk PHP. Dengan composer kita dengan mudah mendownload packages yang kita butuhkan langsung dari command line tanpa harus mendownload dari website resminya. Jika teman-teman menggunakan Laravel, mungkin sudah terbiasa dengan composer. Lalu, apakah hanya Laravel yang menggunakan composer?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah TIDAK.

Artinya kita tidak harus menggunakan Laravel jika hanya ingin menggunakan composer di project yang sedang kita develop. Caranya bagaimana?

Ok, ONPHPID akan memberikan tutorial sederhana Bagaimana Menggunakan Composer di Project Native PHP. Langkah pertama, siapkan project sederhana dengan struktur folder seperti di bawah ini:

Jika sudah siap, kita buka command promt disini ONPHPID menggunakan Git kemudian arahkan ke direktori project kita. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah meng-inisialisasi file composer.json. Kita bisa membuatnya manual, tapi alangkah lebih baik jika kita generate saja menggunakan composer. Caranya ketikan perintah di bawah ini:

Maka akan tampil kalimat “welcome to the composer config generator”, teman-teman bisa ikuti perintah yang di minta antara yes/no. Jika tidak teman-teman bisa enter saja atau seperti gambar di bawah ini:

composer

Composer Init

Setelah selesai maka akan ada satu file baru dengan nama composer.json pada project kita tadi seperti di bawah ini:

Misal pada project ini kita ingin menggunakan packages Carbon, kita bisa langsung mendownloadnya dengan cara mengetikan perintah seperti di bawah ini:

tunggu hingga selesai seperti gambar di bawah ini:

Nesbot Carbon

setelah itu kita buat file baru dengan nama AppController.php di dalam direktori app/Controllers/, karena direktori tersebut belum ada maka kita buat terlebih dahulu. Jika sudah struktur project kita sekarang menjadi seperti di bawah ini:

Buka file AppController.php dan kita buat class baru dengan sebuah method seperti di bawah ini:

Lalu kita buka index.php dan buat sebuah file html sederhana seperti di bawah ini:

Sekarang coba kita cek di browser, apakah method dateNow() yang ada di AppController menghasilkan tanggal hari ini. Teman-teman pasti menemui error seperti di bawah ini:

error composer

Error di atas di sebabkan karena class AppController belum di kenali oleh composer, hingga di sebut not found alias tidak ada. Solusinya kita load dulu class yang ada di direktori app/Controller dengan mendaftarkannya di composer.json seperti di bawah ini:

Jangan lupa untuk menjalankan perintah composer dump-autoload pada command line, untuk mendaftarkan class AppController di autoload composer.

Jika sudah, maka error akan hilang dan tampil seperti yang kita inginkan seperti gambar di bawah ini:

Result Composer

Nah, ternyata tidak harus menggunakan laravel kan untuk menggunakan composer pada PHP. Ok teman-teman ONPHPID semoga bermanfaat ya…

Baca Juga : 5 Kelebihan Text Editor ATOM

Sekian dulu tutorial Cara Menggunakan Composer di Project PHP. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat kalian sampaikan melalui kolom komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Terima Kasih dan Selamat Belajar…

Tutorial Menarik Lainnya

Adblocker Detected : Dukung ONPHPID dengan menonaktifkan Adblock-mu (^_^) Terima Kasih.