Mengubah Array menjadi Variable

Seperti yang kita ketahui bahwa pengertian array adalah struktur data yang terdiri dari banyak varibel dengan tipe data yang sama. Di sini kita tidak akan membahas tentang macam-macam array melainkan bagaimana cara mengubah array menjadi sebuah variabel. Bagi teman-teman yang pernah menggunakan CI atau Codeigniter pasti tidak asing dengan contoh code di bawah ini :

$data[‘result’] merupakan bentuk array dari $data = array(‘result’=>$value), dimana $value ini bernilai sama dengan nilai dari $this->posting->all_posting(). Pada penggunaannya di Codeigniter kita tidak perlu pusing-pusing tentang bagaimana cara menampilkan datanya, cukup dengan code $result saja kita sudah bisa menggunakannya.

Baca Juga 6 Hal yang sering dilupakan oleh programmer

contoh :

lalu bagaimana membuatnya, untuk mengubah array menjadi variabel kita dapat menggunakan extract(), dimana extract() ini akan mengubah key dari array menjadi sebuah variable.

contoh :

extract() akan berlaku pada array key dimensi pertama, lalu bagaimana dengan dimensi berikutnya? tentu kita perlu meng-extract-nya kembali.

Bagaimana cukup simpelkan mengubah array menjadi variabel.

Peringatan : jangan gunakan extract() pada $_POST atau $_GET mungkin saja akan gagal.

Persyaratan Minimal:
PHP 5

Referensi : php.net extract()

Onphpid Simple Direktori Web aplikasi
Input data massal | multiple insert dengan php