Membuat data statistik pengunjung website dengan php

Onphpid – Merekam data pengunjung website seperti merekam IP address, nama browser dan OS ( Operating System ) memang bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia website bahkan banyak situs menyediakan layanan rekam data pengunjung website secara cuma-cuma alias gratis seperti halnya histats.com salah satu situs yang dulu sering digunakan Onphpid untuk melihat ada berapa visitor dan dari mana saja pengunjung itu datang. Data statistik ini biasanya digunakan untuk kebutuhan pengembangan website agar lebih sesuai dengan para pengunjung yang sering mengunjungi website kita.

Seperti apa yang sudah onphpid jelaskan di atas bahwa sistem untuk merekam data statistik ini bukan hal baru atau sudah banyak penyedia layanan rekam data pengujung bukan sistem ini ketinggalan jaman dan harus menyerahkan begitu saja pada situs-situs penyedia layanan tersebut. Karena onphpid yakin setiap dari kalian pasti punya ide-ide yang brilian untuk membuat sesuatu yang unik dan segar untuk dikembangkan dan bisa jadi ide tersebut belum terdapat di situs penyedia layanan rekam data pengunjung.

Dalam membuat sistem untuk merekam data pengunjung website ini onphpid hanya membatasi seputar deteksi alamat IP ( IP Address ), Browser ( nama dan versi ) dan OS saja dan seperti biasa kalian bisa copas saja script atau download pada link paling bawah. Dan pada tutorial php ini Onphpid menggukan function() yaitu fungsi bawaan PHP yang memungkinkan kita untuk membuat fungsi baru diluar fungsi php yang sudah ada. Pada tutorial yang lalu onphpid memubuat tutorial tentang fungsi upload yang menggunkan function() juga.

Baca selengkapnya : tutorial membuat fungsi upload file dengan php

Sebelum masuk ke Step by step membuat rekap data statistik website, kalian perlu memperhatikan requirement system berikut :

PHP 5+

XAMPP Version: 5.6.3

OS : Windows 7 ultimate

Script php ini sudah teruji dan berjalan dengan seharusnya.

Step-by-step

Membuat database dengan nama “belajar_php”

Membuat folder baru di htdocs dengan nama “website”

Membuat file-file index.php, config.php, functions.php, admin.php

Dengan struktur direktori seperti berikut

Website

+ config.php

+ index.php

+ functions.php

+ admin.php

Pelajari juga tetang struktur direktori atau folder website

Step pertama

Buatlah table dengan nama “statistik” dengan attribute seperti gambar berikut

Step Kedua isi file-file yang sudah dibuat di dalam folder “website” tadi sesuai dengan kode berikut :

index.php

File index.php adalah file yang akan diakses pertama atau secara default diakses ketika kita ketik alamat website kita dalam kasus ini adalah http://localhost/website

dan silahkan isi dengan script berikut :

Sebagai trik agar tidak terjadi perekaman data pengunjung yang sama di waktu yang sama kita disini menggunakan fungsi Coookie, dimana kita akan menyimpan beberapa data pada browser pengunjung dalam durasi 24 jam.

config.php

File config.php adalah file yang berisi tentang informasi untuk mengakses database (karena kita di sini menggunakan database) dan fungsi atau script untuk koneksi database. Lebih jauh tentang koneksi database kalian bisa lihat di tutorial php membuat koneksi database dengan php dan mysqli.

Berikut Scriptnya :

 

functions.php

File functions.php, seperti namanya functions dengan tambahan “s” (bukan maksud sok inggris tapi ini adalah cara agar mudah mengenali file dan isinya ) yang artinya file function tersebut menyimpan fungsi-fungsi khusus dan akan digunakan dibanyak file seperti fungsi rekam data pengunjung. Dengan syarat functions.php ini harus di include-kan kedalam file yang akan menggunakan fungsi-fungsi khusus tersebut.

Berikut Scriptnya :

 

admin.php

File admin.php, sudah tentu ini adalah untuk halaman admin. Namun di sini file admin.php ini hanya untuk melihat hasil rekap data siapa saja yang sudah mengunjungi website kita.

Berikutnya :

Dan terakhir kalian dapat mendownload Seluruh File di Download

Membuat Script Form Upload File dengan PHP
Membuat chart | grafika dengan php dan chart.js

    • kok ga bisa kenapa gan? emang agan bikin databasenya gimana?

  • ian

    Posting kece nih, dicoba dulu y kang, w bookmark sdh.
    ntar sukses/tidak nya w bikin testi disini.. 🙂 salam kenal 🙂

  • ian

    Kang fungsi date_create nya gak nampilin value yang seharusnya, ini hasilnya (0/zero) smw.

    saran : tambahin file *.sql untuk generate table di $db “belajar”

    mohon update.an nya kang.. tq

  • Reyy a-young

    kesalahan pada “include( ‘D:UwAmpwwwwebsiteconfig.php Location
    .index.php:2

    gimana tuh

    • Coba di SS gan biar keliahatan errornya…