Mematikan Notifikasi Update Theme WordPress

Halo teman-teman onphpid, Mungkin dari kalian sedang bertanya-tanya nih kenapa setiap kali kalian melakukan editing file theme wordpress, misalnya file style.css, dalam jangka atau kurun waktu tertentu selalu hilang tak berbekas seakan-akan ter-reset. Mungkin penyebabnya adalah adanya update atau pembaharuan pada theme yang kita edit sehingga semua file yang lama (berbeda dengan yang baru) akan diganti dengan file theme yang baru .

Fitur Update pada themes / plugins ini merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh wordpress sebagai salah satu bentuk tanggungjawab dari pihak wordpress kepada program yang mereka buat sehingga program dapat terus berkembang dan dapatkan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada dan terhindar dari sasaran hacker.

Sebenarnya fitur update ini secara default telah diatur kedalam mode manual, artinya kalau tidak kita klik tombol update, fitur ini tidak akan dijalankan, namun rasanya tetap kurang nyaman dimata karena akan terdapat sebuah lingkaran berwana merah dengan angka didalamnya sebagai tanda (notifikasi) adanya versi terbaru yang telah tersedia pada theme atau plugins wordpress kita.

Nah pada tutorial wordpress kali ini onphpid akan membahas beberapa cara Menonaktifkan Notifkasi Update pada theme wordpress agar tidak mengganggu pemandangan, dan setidaknya onphpid akan menyampaikan 3 (tiga) cara menonaktifkan notifikasi update tersebut, 2 (dua) untuk mematikan atau menonaktifkan fitur update theme dan sisanya adalah theme tetap bisa diupdate namun file yang kita edit tetap ada, cara tersebut disarankan ketika kita hendak melakukan editing pada file functions.php dan style.css saja.

Menonaktifkan fitur update pada theme WordPress

Cara yang pertama untuk menonaktifkan fitur update theme bisa kita lakukan dengan kode berikut dengan meng-edit file functions.php theme yang sedang aktif atau yang kita pakai berikut kodenya :

letakkan kode tersebut dibaris paling bawah.

Dengan cara pertama ini seluruh notifikasi dan fitur update theme dan plugin secara otomatis akan di disable atau di nonaktifkan.

Cara Kedua untuk menonaktifkan fitur update theme bisa kita lakukan dengan mengubah informasi yang ada di dalam file style.css pada theme wordpress kita (theme yang sedang kita pakai). informasi apa saja yang bisa kita rubah? cukup version-nya saja kita rubah dengan nilai setinggi-tingginya misal:

versi saat ini adalah 1.0 maka ubahlah menjadi 5.0 atau 100 (seratus).

perhatikan bagian :

Pada cara kedua ini hanya theme yang informasinya dirubah yang tidak akan menampilkan notifikasi untuk update.

Dan pada Cara Ketiga sebenarnya kita tidak menonaktifkan notifikasi update, melainkan membuat theme sendiri, Yak Child Themes, Apa itu Child Themes? Child Themes adalah anak tema kita yang memiliki tampilan yang sama (inheritance) dengan Parent Theme  atau tema induknya.

Kelebihan membuat Child Themes tidak terlalu sulit bahkan mudah dan hanya membutuhkan dua file saja dan hasilnya sudah serupa dengan tema induknya, kelebihannya  adalah ketika ada update pada tema induk, child themes tidak akan terpengaruh sehingga kita bebas melakukan editing.

Kekurangan dari Child Themes adalah keterbatasan editing file (bergantung fasilitas dari Parent Themes) sehingga onphpid sarankan hanya melakukan editing ringan seperti css atau editing yang dilakukan di file functions.php saja untuk menghindari error. Kekuranganlainnya saat kita menggunakan Child Themes, Tema indukannya juga HARUS ada (terinstall) meskipun tidak diaktifkan.

Untuk Membuat Child Themes bisa kalian buka di Cara Membuat Child Themes untuk Theme Twenty Sixteen.

Sekian Tutorial WordPress untuk menonaktikan notifikasi update pada theme wordpress. Jangan Lupa LIKE FANSPAGE Onphpid untuk mendapatkan update tutorial dan jika ada pertanyaan bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah…

Semoga Hari kalian menyenangkan dan selamat belajar.

Panduan Menulis Kode PHP dengan Baik dan Benar
Membuat Child Themes WordPress