Cara Menggunakan Datatables dengan PHP

Dalam membuat sebuah website kebutuhan akan kemudahan dalam penggunaan, akses yang cepat merupakan dan enak dipandang adalah keinginan yang kita inginkan ataupun klien inginkan. Selain multifungsi tampilan website yang sederhana juga menjadi sebuah sorotan penting, salah satunya dalam menampilkan sebuah list atau daftar data yang akan terus bertambah panjang setiap kali ada penambahan. Mungkin tidak akan berpengaruh apapun ketika jumlahnya hanya sekitar puluhan.. tapi bagaimana jika data yang kita miliki hingga ribuan ? kira-kira seberapa banyak scrol akan kita putar?

Hal di atas akan lebih terlihat rapi apabila disajikan dalam bentuk table dengan pagination, dengan menu search, sort kolom. tapi apakah tidak ribet ? tidak jika kita menggunakan datatables. sebuah plugin yang akan membantu kita dalam menyajikan data dalam bentuk table dengan fitur search, sort, pagination dan display options.

Datatables sebenarnya adalah sebuah library jQuery atau JavaScript yang pada dasarnya dibuat dengan tujuan untuk memanipulasi data yang panjang menjadi sebuah data yang pendek-pendek karena dibagi kedalam beberapa halaman dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa table yang dibuat oleh datatables sangat rapi dan interaktif. Selain itu terdapat beberapa fitur dari datatables yang dapat kita rasakan seperti menu search yang responsive, pagination, data sort dan display options yang akan membuat website kita tampak lebih pro…

Cara Implementasi Datatables

Untuk mengimplemntasikan datatables pada website buatan kita, kita perlu mempersiapakn beberapa tool :

  1.  Library Datatables yang bisa di unduh di https://datatables.net/download/packages
  2.  Mengikuti langkah-langkah berikut

Langkah-langkah menggunakan datatables

Buatlah sebuah folder dengan nama “tutorial-datatables” di dalam folder htdocs (jika kalian menggunakan XAMPP)

Buatlah folder ‘assets’ dan file ‘index.php’  di dalam folder tutorial-datatables yang sudah kita buat sebelumnya.

Lalu ekstrak file datatables yang baru kita download, lalu cari folder “media” yang berada di examples/server-side kemudian pindahkan folder “css, js, images” ke folder “assets”, inilah yang akan menjadi modal kita untuk installasi datatables.

Setelah persiapan oke… kita akan mulai mengetikan kode untuk menggunakan datatable.

kode yang pertama adalah pada file config.php, di sini kita akan membuat koneksi database dengan mysqli object, silakan ketik atau Copy kode berikut :

kedua : bukalah browser ketikan localhost/phpmyadmin dan buat sebuah database sesuai dengan $dbname.

Ketiga : buatlah/bukalah index.php ketikan kode berikut :

keempat : pada bagian ini kita akan memulai menggunakan libary datatable. tambahkan script berikut sebelum tag </head>.

dan tambahkan script berikut sebelum tag </body>

Kelima : pada bagian kelima silahkan perhatikan tag </tfoot>.. kita akan menambahkan kode PHP tepat setelah tag tersebut. dimana kode PHP tersebut berfungsi untuk memanggil data ditable karyawan dari database yang sudah kita buat tadi.. lho tadikan belum membuat table..

Di sini kita tidak perlu membuat table. cukup copy dan paste-kan script SQL disini ke database.. bagaimana caranya ?

Cara untuk membuat table database dengan SQL

  1. bukalah localhost/phpmyadmin
  2. klik nama database yang sudah kita buat. dalam studi kasus ini adalah “datatables”
  3. Cari Tombol SQL seperti berikut, lalu paste dan klik Go..

Nah sekarang kita sudah punya table “karyawan” selanjutnya adalah melakukan query pemanggilan data. seperti berikut :

Ingat sisipkan kode diatas tepat dibawah tag </tfoot>

keenam : sebagai sentuhan terakhir untuk melakukan aksi agar datatables dapat berjalan tambahkan script berikut. dan letakkan di atas tag </body>

Nah Demikian cara menggunakan datatables untuk melihat script penuhnya silahkan klik Disini.

Metode di atas adalah metode paling simple (zero configuration) dari datatables, karena metode ini paling sederhana maka akan terdapat sebuah masalah ketika data yang kita load berjumlah ribuan hingga ratusan ribu seperti data kecamatan atau desa se-Indonesia. untuk menangani masalah tersebut kita bisa memanfaatkan fasilitas Server-Side dari Datatables yang sudah onphpid tulis di cara Menangani banyak data dengan datatables.

Sekian tutorial PHP dari onphpid.com semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Tips Belajar Membuat Website dengan Codeigniter
Menangani Jumlah Data yang Besar pada datatables

  • Widya

    mf min saya mau tanya, barusan saya udah coba tutorial membuat datatables di atas, tapi ketika saya merunning kode program yang ada di index.php yang muncul di browser malah kode program tersebut, mohon pencerahanya karena saya masih newbie, makasih

  • Yogie Vanputra

    min ko di ane ga nongol ya dattablesnya pas di laporan,
    tapi kalo laporan di apus baru nongol tuh datatable