Belajar Laravel : Mengenal Controller Pada Framework Laravel 5.3 untuk pemula

Hallo sobat ONPHPID, bagaimana kabarnya hari ini? Kita sudah belajar tentang Routing pada artikel sebelumnya yaitu Belajar Laravel : Mengenal Routing Pada Framework Laravel 5.3 untuk pemula -part 1 dan part 2Agar belajarnya tidak loncat-loncat maka kali ini ONPHPID mengajak teman-teman untuk mengenal Contoller pada Laravel 5.3. Laravel merupakan salah satu framework yang memisahkan antara data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Apa yang dimaksud dari Controller, kalau ONPHPID sendiri mengartikannya sebagai kendali atau pengendali diambil dari kata controll bisa juga diartikan jembatan antara view dan model. Apa Itu Model? ok kita bahas lain kali saja, saat ini kita fokus pada Controller. Karena Controller sendiri memiliki tugas mengendalikan ataupun menjembatani antara apa yang di request dan apa yang akan di beri maka Controller lah yang akan memprosesnya. Pada Laravel file Controller berada di app/Http/Controllers.

Sebelumnya mari kita buka project Laravel kita yang kemarin, setelah itu kita buat dulu satu file Controller yang akan kita pakai untuk belajar. Pertanyaannya, bagaimana cara membuatnya? ok agar lebih mudah maka kita akan menggunakan salah satu fitur Laravel yaitu artisan. buka command prompt-nya masing-masing dan jangan lupa ya arahkan dulu ke direktori/folder project kita kemarin. Jika sudah silakan ketikan perintah artisan berikut :

maka secara otomatis Laravel akan meng-generate sebuah file Controller yang kita butuhkan. Coba buka di app/Http/Controllers maka akan ada file dengan nama BelajarController.php yang sudah kita buat tadi, mudah kan? Sekarang silakan kalian rubah isinya menjadi seperti dibawah ini :

lalu bagaimana caranya kita bisa menampilkannya di views? pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar mengirim data dari route ke views, nah caranya tidak jauh beda hanya saja kita akan memakai controller untuk memprosesnya. Coba buka lagi file web.php lalu tambahkan satu route seperti di bawah ini :

kemudian kita buka juga file index.blade.php dan buat menjadi seperti berikut :

dari apa yang sudah kita buat diatas, ONPHPID akan sedikit menjelaskannya. Kita telah membuat satu route lalu kita terima di Controller kemudian dari Controller kita mengirimkannya ke index.blade.php yang ada di views dengan mengirim satu data dan menyimpannya pada variable $title. Bagaimana, cukup jelas bukan? Sekarang coba kalian akses di url dengan mengetikan localhost:8000/belajar maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Baca Juga : Mengenal Routing Pada Framework Laravel 5.3 untuk pemula -part 2

kita juga bisa mengirimkan banyak data untuk ditampilkan di views, kalian bisa mengeksplore lebih jauh lagi tentang penggunaan Controller pada Laravel.

Sekian dulu tutorial Belajar Laravel : Mengenal Controller Pada Framework Laravel 5.3 untuk pemula. Jika ada hal yang kurang jelas atau ingin ditanyakan dapat kalian sampaikan melalui kolom komentar. JANGAN LUPA like FANSPAGE ONPHPID untuk update informasi dan Subscribe Channel ONPHPID Tutorial. Terima Kasih dan Selamat Belajar…

Belajar Laravel : Mengenal Routing Pada Framework Laravel 5.3 untuk pemula -part 2
Belajar Laravel : Mengenal Migrations Pada Laravel 5.3 untuk pemula