Langkah Awal Membuat Semi Toko Online dengan WordPress

Hai semuanya kali ini Kita akan lanjut ke Langkah Awal Membuat Semi Toko Online dengan WordPress, Pada sesi pengenalan yang lalu kita sudah membahas tentang apa saja yang perlu kita pelajari dan apa saja yang kita perlu untuk membuat Semi Toko Online dengan WordPress.

Selain yang sudah disebutkan di bagian pengenalan ditahap ini kita akan mengunduh theme wordpress yang sudah jadi di github onphpid , theme tersebut adalah theme twenty twelve yang sudah di modifikasi agar tidak terupdate jika ada pembaruan, karena jika diupdate bisa jadi semua file yang kita buat akan direplace dengan code yang baru alhasil modifikasi yang sudah kita lakukan akan sia-sia.

Mungkin dari kalian ada yang bertanya “Bisakah kita membuat theme wordpress sendiri atau menggunakan theme wordpress lain?” Tentu bisa, bahkan jika kalian ingin menggunakan tema wordpress yang lain kalian bisa memodifikasinya agar tidak ter update dengan menonaktifkan fitur update. Namun agar kita lebih mudah belajar maka sebaiknya kalian mengikuti step by step tutorial ini.

Tools apa saja yang diperlukan Untuk Membuat Semi Toko Online?

ONPHPID yakin kalian semua sudah pada tau tools apa saja yang akan kita gunakan, seminimnya adalah sebagai berikut :

  • Text Editor bisa Notepad++, Atom, Sublime text atau yang lain sesuai kemampuan (daya beli) dan kenyamanan.
  • Xampp
  • File WordPress ( CMS ) yang bisa diunduh di wordpress.org
  • Browser, kalian bisa menggunakan mozila firefox, chrome atau yang lain sesuai selera.
  • Dan terakhir adalah Theme twenty twelve yang sudah dimodifikasi bisa diunduh di sini.

Installasi Theme WordPress

Baik jika kalian sudah mempersiapakan dan mengunduh theme yang sudah onphpid sediakan, kalian bisa langsung menuju menu Appearance > themes > add new > Upload Theme kemudian pilih file theme (yang sudah diunduh) dalam wujud zip (ter-compress) tunggu beberapa saat dan klik activate untuk mengaktif kan.
Berikutnya Screen Shoot- nya.

 

Baik pastikan bawah web wordpress kalian berjalan dengan lanjar, jika sudah maka kita lanjutkan pada minggu depan yaitu membuat Menu Products dengan Post-Type.

Sekian dulu di Langkah Awal membuat Semi Toko Online dengan WordPress,  Like FP ONPHPID Tutorial dan Subscriber ONPHPID Youtube Channel untuk mendapatkan update tutorial.

Next Membuat Semi Toko Online : Custom Post Type

Membuat Semi Toko Online : Pengenalan
Membuat Semi Toko Online : Custom Post Type